PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN OTENTIK ASPEK SIKAP SOSIAL DALAM PENDIDKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Hariadi (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN OTENTIK ASPEK SIKAP SOSIAL DALAM PENDIDKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 16 (1). pp. 84-96. ISSN 1693-1475

[thumbnail of PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN OTENTIK ASPEK SIKAP SOSIAL DALAM PENDIDKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN.pdf]
Preview
Text
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN OTENTIK ASPEK SIKAP SOSIAL DALAM PENDIDKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan seperangkat instrumen penilaian otentik aspek sikap sosial dalam Pendiidkan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) untuk sekolah dasar di Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan mengikuti prosedur dari Djaali dan Muljono. Instrumen yang dikembangkan adalah aspek sikap sosial yang terdiri dari jujur, kerja sama, percaya diri, disiplin, toleransi, sportivitas, dn menjaga keselamatan. Analisis kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan memiliki validitas isi, validitas konstruk, dan reliabilitas yang baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian otentik aspek sikap sosial yang dikembangkan dapat digunakan secara luas dalam proses belajar mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Article
Keywords: Penilaian Otentik, Sikap Sosial, Pendidikan Jasmani
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 16 Jun 2023 05:04
Last Modified: 16 Jun 2023 05:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52999

Actions (login required)

View Item
View Item