Hariadi (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN OTENTIK ASPEK SIKAP SOSIAL DALAM PENDIDKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 16 (1). pp. 84-96. ISSN 1693-1475
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN OTENTIK ASPEK SIKAP SOSIAL DALAM PENDIDKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan seperangkat instrumen penilaian otentik aspek sikap sosial dalam Pendiidkan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) untuk sekolah dasar di Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan mengikuti prosedur dari Djaali dan Muljono. Instrumen yang dikembangkan adalah aspek sikap sosial yang terdiri dari jujur, kerja sama, percaya diri, disiplin, toleransi, sportivitas, dn menjaga keselamatan. Analisis kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan memiliki validitas isi, validitas konstruk, dan reliabilitas yang baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian otentik aspek sikap sosial yang dikembangkan dapat digunakan secara luas dalam proses belajar mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Penilaian Otentik, Sikap Sosial, Pendidikan Jasmani |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 05:04 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 05:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52999 |