Mencari Model PPG untuk Indonesia

Mansyur, Abil and Faisal and Rebowo, Wanda Ari and Yunita, Sri and Purwanto, Haris Sri and Ananda, Lala Jelita and Ishaq, Muhammad (2021) Mencari Model PPG untuk Indonesia. Tanoto Foundation, Jakarta. ISBN 978-602-17302-9-4

[thumbnail of Book.pdf]
Preview
Text
Book.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview

Abstract

Perkembangan peradaban dan kemajuan teknologi memacu kita semua untuk menyesuaikan seluruh kerangka berpikir dan perangkat kerja dalam setiap kehidupan. Berdasarkan pemahaman tersebut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI), khususnya Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) terus berupaya meningkatkan kualitas seorang guru yang dibutuhkan saat ini sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dasen. Melakukan refleksi, berkolaborasi, mendukung pembelajaran aktif yang berorientasi pada murid, menjadi teladan dan memiliki kompetensi dasar guru dan kepemimpinan yang baik adalah ciri yang tepat untuk menggambarkan profil guru bermutu. Hal tersebut ini dapat diwujudkan melalui sebuah penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru (PPG) baik Prajabatan maupun Dalam Jabatan. Strategi ini dijalankan agar dapat menghadirkan guru yang profesional sebagai agen perubahan yang bertujuan mempersiapkan generasi emas bangsa.
Program peningkatan kualitas dan kompetensi guru telah digulirkan. Dalam perjalanannya, pola pembimbingan sebagai upaya meningkatkan profesionalitas guru terus diperbaharui dengan tidak mengesampingkan nilai atau karakter dari Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) maupun lingkungan sekolahnya. Sistem pembimbingan yang kolaboratif dan reflektif menjadi cerminan dari model pelaksanaan pengajaran untuk mendukung sistem pembelajaran aktif yang berorientasi pada murid. lnovasi dan temuan model pembimbingan ini diejawantahkan dengan gamblang untuk meningkatkan kualitas calon guru yang profesional dalam pelaksanaan PPG Prajabatan.
Kolaborasi tidak hanya dilakukan pada tataran antara Dosen dan Guru dalam pelaksanaan PPG Prajabatan tetapi juga berlaku dengan mitra terkait untuk memperkaya praktik baik dan temuan yang inovatif. Kerjasama yang terjalin baik antara Kemdikbudristek, Tanoto Foundation, dan LPTK di Indonesia: Universitas Negeri Medan (UNIMED), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) melalui PPG Prajabatan 2020 -2021 dapat menjadi sebuah acuan untuk meningkatkan kualitas calon guru. Semoga praktik baik dan inovasi yang didokumentasikan ini mendukung peningkatan kualitas guru secara berkelanjutan.

Item Type: Book
Keywords: sejarah pendidikan profesi guru; model PPG yang efektif; desain PPG
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 15 Jun 2023 17:11
Last Modified: 15 Jun 2023 17:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52978

Actions (login required)

View Item
View Item