Modul Digital Berbasis Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk Mengembangkan Karakter Antikorupsi Mahasiswa

Yunita, Sri and Hadiningrum, Sri and Sugiharto (2021) Modul Digital Berbasis Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk Mengembangkan Karakter Antikorupsi Mahasiswa. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 13 (1). pp. 159-166. ISSN 2355-4983; 2407- 7429; 2085-482X

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (974kB) | Preview
[thumbnail of Turnitin.pdf]
Preview
Text
Turnitin.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul digital berbasis model pembelajaran VCT untuk
pembelajaran antikorupsi; 2) menganalisis dampak penerapan modul digital berbasis model pembelajaran VCT
terhadap hasil belajar antikorupsi mahasiswa jurusan pendidikan Kewarganegaraan FIS UNIMED. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian pengembangan dengan menggunakan tahapan yang diadaptasi dari model Borg&
Gall yaitu: 1) studi pendahuluan; 2) perencanaan penelitian; 3) pengembangan produk awal; 4) ujicoba lapangan I
(terbatas); 5) revisi hasil ujicoba I; 6) ujicoba lapangan II (lebih luas); 7) revisi hasil ujicoba II; 8) uji kelayakan; 9)
revisi hasil uji kelayakan dan 10) diseminasi dan sosialisasi produk akhir. Penelitian dilaksanakan di jurusan
Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial UNIMED. Luaran yang diharapkan adalah 1) Modul Digital
Berbasis Model Pembelajaran VCT, 2) Penerapan modul digital berbasis VCT pada materi Anti-Korupsi
meningkatkan hasil belajar mahasiswa sebesar 19,2%

Item Type: Article
Keywords: Modul; Digital; Value Clarification Technique
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ1518 Individual ethics. Character. Virtue
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 15 Jun 2023 16:45
Last Modified: 15 Jun 2023 23:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52974

Actions (login required)

View Item
View Item