Hubungan Peranan Keluarga Dan Hasil Belajar Kewirausahaan Dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Pematang Siantar

Barus, Pitri Yani and Emilia, Esi (2018) Hubungan Peranan Keluarga Dan Hasil Belajar Kewirausahaan Dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Pematang Siantar. GARNISH: Jurnal Pendidikan Tata Boga, 2 (2). ISSN 2621-105X

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peranan keluarga; (2) hasil belajar kewirausahaan; (3) minat
berwirausaha siswa; (4) hubungan peranan keluarga dengan minat berwirausaha; (5) hubungan hasil belajar
kewirausahaan dengan minat berwirausaha; (6) hubungan peranan keluarga dan hasil belajar kewirausahaan
dengan minat berwirausaha. Lokasi penelitian di SMK Negeri 3 Pematang Siantar dengan jumlah sampel 32 siswa.
Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis dengan uji
normalitas, uji lineritas dan keberartian persamaan regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan
bahwa tingkat kecenderungan peranan keluarga dan minat berwirausaha cenderung cukup dengan masing-masing
sebesar 75 persen dan 56 persen dan hasil belajar kewirausahaan cenderung cukup sebesar 56 persen. Hasil
Analisis Uji Normalitas dengan dk = 5 pada variabel peranan keluarga yaitu X2 hitung < X2 tabel (6,78 < 11,070), variabel hasil belajar kewirausahaan yaitu X2 hitung < X2
tabel (5,96 < 11,070) dan variabel minat berwirausaha yaitu
X2 hitung < X2 tabel (3,69 < 11,070) pada taraf signifikan 5 persen ketiga variabel berdistribusi Normal. Hasil analisis
korelasi product moment terdapat hubungan yang signifikan antara peranan keluarga dengan minat berwirausaha dengan nilai (rhitung = 0,964 > rtabel) 0,349 pada taraf signifikan 5 persen, artinya semakin tinggi peranan keluarga siswa maka semakin tinggi minat berwirausaha. Hasil analisis korelasi product moment terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar kewirausahaan dengan minat berwirausaha dengan nilai (rhitung = 0,977 > rtabel 0,349) pada taraf signifikan 5 persen, artinya semakin tinggi hasil belajar kewirausahaan siswa maka semakin tinggi minat berwirausaha. Hasil analisis korelasi ganda antara peranan keluarga dan hasil belajar kewirausahaan dengan minat berwirausaha sebesar Fhitung > Ftabel(3,36 > 3,33), pada taraf signifikan 5 persen, terdapat hubungan yang signifikan antara peranan keluarga dan hasil belajar kewirausahaan dengan minat berwirausaha, artinya semakin tinggi peranan keluarga siswa dan hasil belajar kewirausahaan maka semakin tinggi minat berwirausaha.

Item Type: Article
Keywords: Peranan Keluarga; Hasil Belajar; Kewirausahaan; Minat Berwirausaha.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty.
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 14 Jun 2023 08:39
Last Modified: 14 Jun 2023 08:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52897

Actions (login required)

View Item
View Item