Hastuti, Pebri and Hutasuhut, Saidun and Syahfitri, Indriyani (2018) Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dengan Motivasi Sebagai Mediasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP IT Siti Hajar Medan. Jurnal Ekodik : Ekonomi Pendidikan, 7 (5). pp. 1-8. ISSN p-ISSN 2302-030X; e-ISSN 2614-2295
Article.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Turnitin.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh gaya belajar terhadap motivasi belajar siswa, pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi siswa, pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan motivasi sebagai mediasi pada mata pelajaran ips kelas VIII SMP IT Siti Hajar Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Siti Hajar TP 2016/2017 yang berjumlah 133 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 57 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan angket/kuesioner. Data yang berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data regresi sederhana dan variabel mediasi, uji hipotesis parssial dan variabel mediasi. Berdasarkan hasil analisis data terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa dilihat dari nilai sig 0,000< 0, 05, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap motivasi dilihat dari nilai sig 0,001< 0, 05, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi terhadap prestasi dilihat dari nilai sig 0,000< 0,005 dan dilihat dari nilai sig variabel gaya belajar 0,001 dan motivasi 0,002 yang diketahui nilai tersebut< 0, 05 maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan motivasi sebagai mediasi pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP IT Siti Hajar Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | learning style, learning motivation and students learning achievement |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 15:18 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 15:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52840 |