LAPORAN PENELITIAN TERAPAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR METODOLOGI PENELITIAN HYBRID LEARNING BERBASIS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROPOSAL SKRIPSI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BISNIS UNIMED

Thamrin and Hutasuhut, Saidun (2021) LAPORAN PENELITIAN TERAPAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR METODOLOGI PENELITIAN HYBRID LEARNING BERBASIS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROPOSAL SKRIPSI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BISNIS UNIMED. Technical Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNIMED, Medan.

[thumbnail of Report.pdf]
Preview
Text
Report.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lembaga pendidikan ditengarai belum mampu menghasilkan alumninya yang memiliki
kompetensi secara profesional, baik dari sisi pengetahuan, keterampilan. Hal ini
disebabkan, karena bahan ajar dan model pembelajaran lebih bersifat konvensional.
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk: memperbaiki kualitas pembelajaran mata
kuliah Metodologi Penelitian dan untuk merumuskan bahan ajar dan model pembelajaran
Metodologi Penelitian di Prodi Pendidikan Bisnis FE Unimed. Secara lebih operasional
penelitian ini bertujuan untuk: (1). mengidentifikasi kebutuhan instruksional mata kuliah
Metodologi Penelitian yang diinginkan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis
Unimed. (2). mengembangkan desain instruksional mata kuliah Metodologi Penelitian
yang dapat diterapkan dalam perkuliahan di Prodi Pendidikan Bisnis khususnya dan di FE
umumnya. (3). mengembangkan bahan ajar mata kuliah Metodologi Penelitian berbasis
IT melalui hybrid learning dengan model pembelajaran berbasis project. Penelitian dan
pengembangan ini, dilakukan di kampus Unimed. Populasi penelitian adalah seluruh
mahasiswa yang mengambil mata kuliah Metodologi Penelitian di Prodi Pendidikan
Bisnis Unimed pada tahun 2021. Sampel ditentukan secara purposive random sampling.
Kelas sampel digunakan untuk penerapan dan pengujian one to one dan uji coba terbatas.
Untuk mencapai tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini menggunakan penelitian dan
pengembangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan
sangat layak digunakan di Prodi Pendidikan bisnis Unimed . Setelah dilakukan uji coba
dan uji efektifitas, diketahui juga bahwa bahan ajar yang dikembangkan terbukti efektif
dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Keywords: Bahan ajar hybrid, kualitas proposal skripsi, metodologi Penelitian model pembelajaran berbasis project
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > L111 Official documents, reports, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 13 Jun 2023 09:20
Last Modified: 13 Jun 2023 09:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52820

Actions (login required)

View Item
View Item