Thamrin and Hutasuhut, Saidun (2023) STRATEGI DAN KIAT MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN. CV. Sarnu Untung, Purwodadi-Grobogan, Jawa Tengah. ISBN 978-623-158-004-7 (PDF)
Fulltext.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Dilihat dari terminologinya, perencanaan pembelajaran
terdiri atas dua kata, yakni kata perencanaan dan pembelajaran.
Untuk memahami konsep dasar perencanaan pembelajaran,
marilah kita melihat dua hal berikut.
Pertama, perencanaan berasal dari kata rencana yaitu
pengambilan dan keputusan tentang apa yang harus dilakukan
untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, proses suatu
perencanaan harus dimulai dari penetapan tujuan yang akan
dicapai melalui analisis kebutuhan serta dokumen yang
lengkap, kemudian menetapkan langkah- langkah yang harus
dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Ketika kita
merencanakan, maka pola pikir kita diarahkan bagaimana agar
tujuan itu dapat dicapai secara efektif dan efisien. Ely (1979),
mengatakan bahwa perencanaan itu pada dasarnya adalah suatu
proses dan cara berpikir yang dapat membantu menciptakan
hasil yang diharapkan. Pendapat diatas menggambarkan, bahwa
suatu perencanaan diawali dengan adanya target atau Ely
mengistilahkan dengan kata “hasil” yang dicapai, selanjutnya berdasarkan penetapan target tersebut dipikirkan bagaimana
cara mencapainya.
Item Type: | Book |
---|---|
Keywords: | Perencanaan Pembelajaran; Pendekatan Sistem Dalam Pembelajaran;Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 07:47 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52808 |