Thamrin (2017) MODEL PENGEMBANGAN KBK BERORIENTASI KKNI DAN PENDIDIKAN KARAKTER BUDAYA AKADEMIK DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. JURNAL NIAGAWAN, 6 (2). pp. 83-92. ISSN 2301-7775
Artikel.pdf - Published Version
Download (690kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan dan pembelajaran melalui pengembangan KBK berorintasi KKNI dan pendidikan karakter budaya akademik. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah : Mengembangkan model perancangan KBK berorientasi KKNI dan pendidikan karakter budaya akademik di FE Unimed yang meliputi beberapa tahapan yaitu : a). menyusun capaian pembelajaran fakultas (Faculty Learning Outcames) yang diturunkan dari visi dan misi fakultas yang mengandung profil umum lulusan sebagai competitive dan comparative advantage dari Fakultas Ekonomi. Capaian pembelajaran FE berorientasi KKNI dan lebih menampilkan Karakter Budaya Akademik yang harus dimiliki lulusan. b). merumuskan profil lulusan program studi. c). Perumusan standar kompetensi lulusan, yaitu menentukan kompetensi apa yang harus dimiliki oleh mahasiswa setelah lulus program studi tertentu di FE Unimed berdasarkan profil yang telah ditetapkan. d). perumusan capaian pembelajaran program studi (program learning outcomes/PLO). Capaian pembelajaran dirumuskan berdasarkan hasil tracer study (study pelacakan) dan analisis kebutuhan dunia kerja yang terkait dengan kompetensi yang dibangun, serta jenjang kualifikasi yang diacu dari KKNI, e). capaian pembelajaran mata kuliah (Course learning outcomes/CLO), yaitu dengan menjawab pertanyaan apa yang akan mahasiswa ketahui dan apa yang dapat dilakukan mahasiswa diakhir perkuliahan. f). merumuskan konsep kunci dan kata kunci capaian pada capaian pembelajaran mata kuliah. Mengembangkan model pendidikan karakter budaya akademik di FE Unimed. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D), digunakan juga kombinasi penelitian kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode penelitian campuran yaitu metode deskriptif – eksploratif yang digunakan untuk mengidentifikasi berbagai gejala dan akar permasalahan yang terjadi dalam pengembangan KBK berorientasi KKNI dan pendidikan karakter budaya akademik.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Model pengembangan KBK, KKNI dan Pendidikan Karakter |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 07:12 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 09:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52783 |