URGENSI TUNTUTAN PROFESIONALISME DAN HARAPAN MENJADI GURU BERKARAKTER (Studi Kasus: Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Batubara)

Setiawan, Deny and Sitorus, Joni (2017) URGENSI TUNTUTAN PROFESIONALISME DAN HARAPAN MENJADI GURU BERKARAKTER (Studi Kasus: Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Batubara). Cakrawala Pendidikan, XXXVI (1). pp. 122-129. ISSN 0216-1370 (print); 2442-8620 (online)

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Turnitin.pdf] Text
Turnitin.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Correspondence.pdf]
Preview
Text
Correspondence.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan profesionalisme guru, kualitas
anak didik, dan guru yang berkarakter. Populasi penelitian adalah guru SD di Provinsi Sumatera Utara
dengan sampel yang diambil secara purposive, yaitu Kabupaten Batubara. Pengumpulan data dilakukan
dengan teknik tes, wawancara, FGD, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan
kuantitatif dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa nilai UKG SD dan
SMP tahun 2013 di Kabupaten Batubara secara nasional sangat rendah, bahkan ada yang memiliki nilai
kompetensi 1,0. Nilai rata-rata kompetensi guru hanya sebesar 39,61 untuk guru SD, masih berada di
bawah nilai rata-rata secara nasional dan Provinsi Sumatera Utara. Nilai UKG SMP sebesar 46,86 masih
berada di bawah nilai rata-rata nasional. Hal itu menunjukkan bahwa sebagian guru di Batubara masih
memiliki profesionalisme yang rendah dalam melakukan tugas profesinya sehingga ke depan diharapkan
perkembangan karakter guru yang berkualitas.

Item Type: Article
Keywords: profesionalisme; guru karakter; kompetensi; kualitas
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 11 Jun 2023 06:48
Last Modified: 12 Jun 2023 13:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52642

Actions (login required)

View Item
View Item