Baiduri, Ratih and Khairani, Leylia and Puspitawati (2020) BUKU AJAR PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS CERITA RAKYAT SUMATERA UTARA. Perdana Publishing, Medan. ISBN 978-623-7842-45-3
Book.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Sebelum memahami pendidikan karakter, seyogyanya kita terlebih
dahulu memahami hakikat pendidikan secara umum. Pendidikan
merupakan sebuah fenomena antropologis yang usianya hampir
setua dengan sejarah manusia itu sendiri. Niccolo Machiavelli memahami
pendidikan dalam kerangka proses penyempurnaan diri manusia secara
terus menerus. Secara etimologi, pendidikan merupakan kata benda melatih hewan-hewan yang liar menjadi semakin jinak sehingga bisa
diternakkan), meyuburkan (membuat tanah itu lebih menghasilkan banyak
buah berlimpah karena tanahnya telah digarap dan diolah). Jadi, pendidikan
merupakan sebuh proses yang membantu menumbuhkan, mengembangkan,
mendewasakan, membuat yang tidak tertata atau liar menjadi semakin
tertata, semacam proses penciptaan sebuah kultur dan tata keteraturan
dalam diri maupun dalam diri orang lain. Kata pendidikan juga melibatkan
interaksi dengan berbagai macam lingkungan lembaga khusus, seperti
keluarga, sekolah, yayasan, namun juga serentak menuntut adanya tanggung
jawab sosial dalam kerangka kompleksitas relasional yang ia miliki.
turunan dari kata kerja bahasa latin, educare. Bisa jadi, secara etimologis,
kata pendidikan berasal dari dua kata kerja yang berbeda, yaitu, dari
kata educare dan educere. Kata educare dalam bahasa latin memiliki
konotasi melatih atau menjinakkan (seperti dalam konteks manusia
Item Type: | Book |
---|---|
Keywords: | pendidikan karakter; kearifan lokal; cerita rakyat sumatera utara |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Jun 2023 16:47 |
Last Modified: | 10 Jun 2023 16:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52627 |