UNSPECIFIED (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA MELALUI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS TOEFL ITP PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS GEOGRAFI. Jurnal Geografi, 10 (1). pp. 42-50. ISSN 2549-7057; 2085-8167
Article.pdf - Published Version
Download (775kB) | Preview
Turnitin.pdf - Published Version
Download (2MB)
Abstract
Dalam era globalisasi ini penguasaan bahasa asing terutama bahasa Inggris sangatlah
penting. Peningkatan kemampuan berbahasa Inggris pada mahasiswa dapat ditingkatkan
salah satunya dengan pengembangan bahan ajar yang dilakukan secara kontinu dan
tersedianya sumber belajar bagi mahasiswa tersebut. Tujuan utama penelitian ini adalah
menghasilkan produk berupa bahan ajar mata kuliah Bahasa Inggris Geografi berbasis
TOEFL ITP yang akan diterapkan di tahun ajaran 2017/ 2018. Penelitian ini tergolong
penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) pada bahan ajar mata
kuliah Bahasa Inggris Geografi. Pengembangan bahan ajar ini melibatkan tim dosen, ahli
materi, dan ahli media dengan melakukan FGD. Data dikumpulkan dari kuesioner yang
diisi oleh ahli materi, ahli media, dan mahasiswa. Kemudian data tersebut dianalisis
secara deskriptif dengan menggunakan skor yang dikonversi menjadi beberapa kategori.
Hasil penelitian menunjukkan pengembangan bahan ajar mata kuliah Bahasa Inggris
telah sesuai dengan Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 dan standar yang ditetapkan
Universitas Negeri Medan. Pengembangan modul yang dilakukan dengan dua kali
proses revisi sesuai saran dari ahli materi dan ahli media serta masukan dari mahasiswa.
Ditinjau dari penilaian aspek materi, bahasa dan kegrafikan maka modul mata kuliah
Bahasa Inggris Geografi dapat dikategorikan “Baik” dan layak untuk digunakan dalam
proses pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar; TOEFL ITP; Bahasa Inggris Geografi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2381 Academic degrees |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Jun 2023 15:36 |
Last Modified: | 10 Jun 2023 15:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52620 |