PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA MATERI POKOK FLUIDA STATIK

Sinaga, Leusi Derisma and Harahap, Mukti Hamjah (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA MATERI POKOK FLUIDA STATIK. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 6 (2). pp. 56-62. ISSN 2337-4624; 2549-8258

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of Turnitin.pdf]
Preview
Text
Turnitin.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing (guided
inquiry) terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Fluida Statik. Jenis
penelitian adalah quasi experiment dengan two group pretest posttest design. Populasi dalam
penelitian adalah seluruh siswa kelas XI-MIA semester I yang terdiri dari 4 kelas.
Pengambilan sampel sebanyak dua kelas dilakukan dengan cara cluster random sampling
dengan kelas XI-MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 37 siswa dan kelas XI-MIA 3
sebagai kelas kontrol dengan jumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
berupa essay sebanyak 12 soal yang telah valid dan lembar observasi mengukur keterampilan
proses sains selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes
kelas eksperimen adalah 23,51 dan kelas kontrol adalah 23,28. Setelah pembelajaran selesai
diberikan postes dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 59 dan kelas kontrol 47,59.
Berdasarkan hasil uji t diperoleh hasil terdapat pengaruh yang signifikan model inkuiri
terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Fluida Statik.

Item Type: Article
Keywords: inkuiri terbimbing; keterampilan proses sains; Fluida Statik.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:42
Last Modified: 09 Jun 2023 07:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52582

Actions (login required)

View Item
View Item