Blended Learning: Alih Pengetahuan Untuk Calon Guru SMK

Amin, Muhammad and Panahatan (2019) Blended Learning: Alih Pengetahuan Untuk Calon Guru SMK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3 (2). pp. 954-963. ISSN 2614-6754 (print); 2614-3097(online)

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penggunaan blended learning bagi calon guru SMK. Efektivitas penggunaan blended learning ditinjau dari efektifitas sosialisasi transfer pengetahuan dan internalisasi transfer pengetahuan bagi calon guru SMK, agar mampu mengadaptasinya untuk pembelajaran di SMK. Secara rinci penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) efektifitas penggunaan metode dan strategi dalam model blended learning bagi calon guru, (2) efektifitas penggunaan alat, media, dan sumber belajar yang digunakan dalam model blended untuk calon guru, (3) efektifitas pengelolaan pembelajaran pada penggunaan blended berbantuan google classroom bagi calon guru, dan (4) efektifitas hasil belajar menggunakan blended learning bagi calon guru. Metode penelitian menggunakan pendekatan pengembangan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan model dan strategi dalam model blended learning berbantuan Google classroom sangat efektif (3,88) bagi siswa calon guru, (2) Penggunaan alat, media, dan sumber belajar yang digunakan dalam model blended berbantuan google classroom sangat efektif (3,86) bagi mahasiswa calon guru, (3) Manajemen pembelajaran dalam penggunaan google classroom-assisted blended sudah sangat efektif (3,88) bagi calon guru siswa, dan (4) hasil belajar dalam penggunaan hasil blended learning Siswa lebih baik dari sebelum menggunakan blended learning.

Item Type: Article
Keywords: Blended learning, calon guru SMK, transfer pengetahuan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:08
Last Modified: 09 Jun 2023 08:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52581

Actions (login required)

View Item
View Item