LAPORAN AKHIR PENELITIAN HIBAH BERSAING PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS PENEDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK MATA KULIAH TEKNIK PEMESINAN CNC

Muslim and Riadi, Selamat (2016) LAPORAN AKHIR PENELITIAN HIBAH BERSAING PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS PENEDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK MATA KULIAH TEKNIK PEMESINAN CNC. Project Report. LPPM Universitas Negeri Medan, Medan.

[thumbnail of Report.pdf]
Preview
Text
Report.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah diperolehnya suatu model pembelajaran blended
learning, yaitu suatu model pembelajaran yang mengombinasikan antara pembelajaran
tatap-muka dengan pembelajaran online learning yang berbasis pendekatan konstruktivistik
untuk mata kuliah teknik pemesinan CNC.Tujuan khususnya adalah melalui penelitian ini
akan diperoleh model pembelajaran blended learning berbasis pendekatan konstruktivistik
dalam bentuk program pembelajaran online learning yang dilengkapi dengan rencana
perkuliahan (silabus dan RPP), bahan ajar dan sistem evaluasi untuk mata kuliah teknik
pemesinan CNC baik dalam bentuk cetak maupun digital.

Obyek penelitian ini adalah model pembelajaran blended learning berbasis
pendekatan konstruktivistik pada mata kuliah teknik pemesinan, yang diwujudkan dalam
bentuk program pembelajaran blended learning yang dilengkapi dengan silabus, RPP,
materi, sistem evaluasi. Subyek penelitiannya adalah para mahasiswa program studi Teknik
Mesin FT Unimed. Pemilihan subyek didasarkan pada suatu pertimbangan karena mereka
umumnya telah menguasai komputer dan bahkan mereka pernah mengikuti perkuliahan
online, sehingga diduga tidak akan menghadapi permasalahan teknis dalam mengikuti
perkuliahan ini.
Dilihat dari pendekatannya, penelitian ini termasuk pada mixed methods research,
yaitu suatu pendekatan penelitian yang menggabungkan penelitian secara kualitatif dan
kuantitatif dalam satu penelitian. Penggunaan pendekatan ini didasarkan pada pertimbangan
karena data yang dikumpulkan dalam penelitian ini mencakup dua jenis data, yaitu data
kuantitatif dan kualitatif.

Dalam mengembangkan model pembelajaran blended learning berbasis pendekatan
konstruktivistik ini dilakukan dengan memperhatikan rekomendasi yang dikemukakan oleh
Borg and Gall dan dengan menggunakan rujukan utama model desain pembelajaran Dick
and Carey, yang mencakup 10 langkah.

Out put tahun pertama berupa produk hasil pengembangan pembelajaran bilended
learning berupa perangkat pembelajaran Teknik Pemesinan CNC. Kegiatan penelitian pada
tahun kedua ada uji coba poduk dan revisi yang meliputi: (1) reviu ahli materi (teknik
pemesinan CNC) (2) reviu ahli media pembelajaran (3) reviu ahli desain pembelajaran (4)
uji coba kelompok kecil (satu-satu) (5) uji coba kelompok besar (6) revisi produk
pembelajaran (7) implementasi dengan menggunkan penelitian ekperimen, (8) seminar draft
hasil penelitian, (9) menyusun laporan dan publikasi. Tahun ke tiga dilanjutkan pada
implementasi/penerapan model blended learning terintegrasi dengan model pembelajaran di
UNIMED yang dikemas dalam learning management system (LMS). Melalui implemantasi
produk pengembangan ini akan dapat di ketahui keunggulan dan efektifitasnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: Pemesinan CNC; Blended learning; konstruktivistik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 08 Jun 2023 14:16
Last Modified: 08 Jun 2023 14:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52541

Actions (login required)

View Item
View Item