LAPORAN AKHIR PENELITIAN TERAPAN PENGARUH PENGGUNAAN MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN GOOGLE CLASSSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR TEORI PEMESINAN PADA MASA WABAH COVID-19

Muslim and Riadi, Selamat and Basuki, Nur (2020) LAPORAN AKHIR PENELITIAN TERAPAN PENGARUH PENGGUNAAN MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN GOOGLE CLASSSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR TEORI PEMESINAN PADA MASA WABAH COVID-19. Technical Report. LPPM Universitas Negeri Medan, Medan.

[thumbnail of Report.pdf]
Preview
Text
Report.pdf - Published Version

Download (568kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengkaji:
(1) hasil belajar mahasiswa setelah diterapkan model pembelajaran flipped classroom
berbantuan Google Classroom pada kelas eksperimen; (2) hasil belajar mahasiswa
setelah diterapkan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol; (3) apakah
penggunaan model flipped classroom berbantuan Google Classroom memberikan
pengaruh terhadap hasil belajar teori pemesinan dibandingkan dengan penggunaan
pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa
Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FT Unimed pada semester genap 2020/2021.
Peneliti menggunakan teknik sampling secara kluster (cluster random sampling)
untuk pengambilan sampel, yakni memilih kelas A dan B dari populasi dan
menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diperoleh dari hasil observasi
dan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan
inferensial. Hasil dari analisis statistika deskriptif adalah, bahwa rata-rata hasil
belajar mhasiswa dengan metode pembelajaran online (87,25) lebih tinggi daripada
metode pembelajaran konvensional (70,82). Hasil dari analisis statistika inferensial
adalah, bahwa hasil belajar teori pemesinan yang dicapai pada penggunaan model
pembelajaran flipped classroom berbantuan Google Classroom lebih baik dari pada
dengan hasil belajar mahasiswa yang dicapai pada penggunaan model pembelajaran
konvensional

Item Type: Monograph (Technical Report)
Keywords: Model Flipped Classroom; Google Classroom; Kuliah Online Masa Covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 08 Jun 2023 14:09
Last Modified: 08 Jun 2023 14:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52540

Actions (login required)

View Item
View Item