Muslim and Basuki, Nur (2022) LAPORAN AKHIR PENELITIAN TERAPAN PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR PORTAL DIGITAL BERBASIS WEBSITE PADA MATA KULIAH TEKNIK PEMESINAN COMPUTER NUMERICAL CONTROL (CNC). Technical Report. LPPM Universitas Negeri Medan, Medan.
certificate_EC00202269801.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Report.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
Abstract
Penelitian terapan ini akan mengkaji tentang masalah utama pendidik Indonesia
adalah mindset. Zaman telah berubah, perkembangan teknologi semakin canggih, arus
informasi begitu cepat, namun mindset pendidik masih belum banyak yang berubah.
Pendidik pada era Revolusi 3.0 adalah pendidik yang berperan sebagai fasilitator. Artinya
pendidik tidak bisa mendominasi proses pembelajaran. Mahasiswa aktif belajar dan
pendidik memfasilitasi proses pembelajaran tersebut. Sedangkan pendidik pada 4.0
adalah student as teacher. Pada era ini mahasiswa bisa berperan sebagai pendidik.
Mahasiswa menjadi content creator, menjadi produser, dan menjadi kondaktor. Lantas
bagaimana posisi pendidik dalam revolusi 4.0, pendidik harus bisa mengaktifasi,
mengkurator dan mengembang sumber belajar. Sumber belajar merupakan salah satu
kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Atas dasar permasalah tersebut
maka penelitian ini masih sangat diperlukan.
Studi ini bertujuan untuk menghasilkan sumber belajar portal digital berbasis
website. Produk pembelajaran ini dikembangkan untuk matakuliah teknik pemesinan
CNC di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan,
dengan spesifisikasi atau fitur-fitur pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan
mahasiswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research
and Development) dari Borg and Gall. Kelayakan produk dilakukan dengan melakukan
validasi pada ahli materi, ahli media, uji perorangan, uji kelompok kecil, uji praktikalitas
responden dosen/pendidik dan mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik
Universitas Negeri Medan yang selanjutnya dilakukan uji efektifitas responden
mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan
semester ganjil.
Hasil Penelitian ini adalah 1) Fitur pembelajaran yang dihasilkan seperti materi
yang bervariasi, sistem penilaian online, dan fasilitas chating. 2) portal pembelajaran yang
telah memenuhi unsur kelayakan, baik pada uji alpha untuk ahli media sebesar 4,28 dan
materi 4,29 serta uji beta sebesar 4,25 yang tergolong efektif untuk digunakan dalam
pembelajaran sebesar 98 % dari penilaian pretest keposttest.
Item Type: | Monograph (Technical Report) |
---|---|
Keywords: | Mindset Pendidik; Portal Sumber Belajar; Matakuliah Teknik Pemesinan CNC |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 14:01 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 14:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52537 |