LAPORAN AKHIR TAHUN TERAKHIR PENELITIAN HIBAH BERSAING PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK MATA KULIAH TEKNIK PEMESINAN CNC

Muslim and Riadi, Selamat (2017) LAPORAN AKHIR TAHUN TERAKHIR PENELITIAN HIBAH BERSAING PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK MATA KULIAH TEKNIK PEMESINAN CNC. Project Report. LPPM Universitas Negeri Medan, Medan.

[thumbnail of Report.pdf]
Preview
Text
Report.pdf - Published Version

Download (646kB) | Preview

Abstract

-Tujuan umum penelitian ini adalah diperolehnya suatu model pembelajaran blended learning berbasis pendekatan konstruktivistik, yaitu suatu model pembelajaran yang mengombinasikan antara pembelajaran tatap-muka dengan pembelajaran online learning yang berbasis pendekatan konstruktivistik untuk mata kuliah teknik pemesinan CNC.Tujuan khususnya adalah melalui penelitian ini akan diperoleh model pembelajaran blended learning berbasis pendekatan konstruktivistik dalam bentuk program pembelajaran online learning yang dilengkapi dengan rencana perkuliahan (silabus dan RPP), bahan ajar dan sistem evaluasi untuk mata kuliah teknik pemesinan CNC baik dalam bentuk cetak maupun digital.
Obyek penelitian ini adalah model pembelajaran blended learning berbasis pendekatan konstruktivistik pada mata kuliah teknik pemesinan, yang diwujudkan dalam bentuk program pembelajaran blended learning yang dilengkapi dengan silabus, RPP, materi, sistem evaluasi. Subyek penelitiannya adalah para mahasiswa program studi Teknik Mesin FT Unimed.
Untuk mengembangkan model pembelajaran blended learning berbasis pendekatan konstruktivistik ini dilakukan dengan memperhatikan rekomendasi yang dikemukakan oleh Borg and Gall dan dengan menggunakan rujukan utama model desain pembelajaran Dick and Carey, yang mencakup 10 langkah.
Pada tahun pertama penelitian dan pengembangan telah dihasilkan model pembelajaran matakuliah Teknik Pemesinan CNC berbasis blended learning dengan pendekatan konstruktifistik, yaitu berupa program pembelajaran online learning yang dilengkapi dengan silabus, rencana pelaksanaan perkuliahan (RPP), bahan pembelajaran dalam bentuk modul, serta perangkat evaluasi pembelajaran.
Pada tahun kedua penelitian dan pengembangan ini telah dilakukan uji coba poduk dan revisi. Berdasarkan hasil proses tahapan yang telah dilakukan di tahun kedua yaitu uji coba dan revisi produk hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mata kuliah teknik pemesinan CNC berbasis blended learning dan pendekatan konstruktivistik yang digunakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin adalah efektif karena mampu memfasilitasi mahasiswa dalam menguasai kompetensi yang di tetapkan.
Pada tahun ketiga dilanjutkan pada implementasi/penerapan model blended learning terintegrasi dengan model pembelajaran di UNIMED yang dikemas dalam learning management system (LMS). Melalui implemantasi produk pengembangan ini akan dapat di ketahui keunggulan dan efektifitasnya. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran blended learning berbasis pendekatan konstruktivistik dengan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran blended learning berbasis pendekatan konstruktivistik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 3,328 pada taraf signifikansi α = 0.05 dengan dk 56 diperoleh ttabel = 1.67, sehingga thitung > ttabel, efektifitas penggunaan model pembelajaran blended learning berbasis pendekatan konstruktivistik = 80.46%. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran blended learning berbasis pendekatan konstruktivistik sebesar 80,46% lebih tinggi dari kelompok mahasiswa yang dibelajarkan tanpa model pembelajaran blended learning berbasis pendekatan konstruktivistik sebesar 71.72%. kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran blended learning berbasis pendekatan konstruktivistik sebesar 71.84%.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: Model Pembelajaran; Blended Learning; Teknik Pemesinan CNC
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2381 Academic degrees
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 08 Jun 2023 13:54
Last Modified: 08 Jun 2023 13:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52535

Actions (login required)

View Item
View Item