Mulyana, Rachmat and Harahap, Rumilla and Sarwa and Emilia, Esi and Nusri, Ardi and Efendi, Hidir (2020) Pengembangan Blog Sebagai Ruang Kelas dalam Pembelajaran Online. JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI, 4 (3).
Fulltext.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
Abstract
Keberadaan ruang kelas sebagai ruang tatap muka akan berganti menjadi "cyber classroom" di era pendidikan abad 21. Penelitian bertujuan untuk: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis IT dan (2) mengembangkan Blog sebagai ruang perkuliahan online. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa matakuliah Dasar Perancangan dan Rekayasa lingkungan. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran berupa materi perkuliahan dalam bentuk handout, panduan kuliah mini research, perangkat evaluasi. Media pembelajaran berupa video pembelajaran dan powerpoint sebanyak 8 kali pertemuan, yang dipublikasikan ke web 2.0. Hasil uji coba menunjukkan bahwa secara umum blog sudah memenuhi kelayakan berdasarkan aspek konten pembelajaran, organisasi blog, desain dan tampilan,navigasi dan pemograman, serta tautan. Simpulan bahwa keberadaan blog sebagai ruang kelas dalam pembelajaran online sangat membantu para mahasiswa dalam memahami materi tanpa dibatasi ruang dan waktu.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 08:34 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52477 |