Pengembangan Blog Sebagai Ruang Kelas dalam Pembelajaran Online

Mulyana, Rachmat and Harahap, Rumilla and Sarwa and Emilia, Esi and Nusri, Ardi and Efendi, Hidir (2020) Pengembangan Blog Sebagai Ruang Kelas dalam Pembelajaran Online. JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI, 4 (3).

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview

Abstract

Keberadaan ruang kelas sebagai ruang tatap muka akan berganti menjadi "cyber classroom" di era pendidikan abad 21. Penelitian bertujuan untuk: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis IT dan (2) mengembangkan Blog sebagai ruang perkuliahan online. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa matakuliah Dasar Perancangan dan Rekayasa lingkungan. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran berupa materi perkuliahan dalam bentuk handout, panduan kuliah mini research, perangkat evaluasi. Media pembelajaran berupa video pembelajaran dan powerpoint sebanyak 8 kali pertemuan, yang dipublikasikan ke web 2.0. Hasil uji coba menunjukkan bahwa secara umum blog sudah memenuhi kelayakan berdasarkan aspek konten pembelajaran, organisasi blog, desain dan tampilan,navigasi dan pemograman, serta tautan. Simpulan bahwa keberadaan blog sebagai ruang kelas dalam pembelajaran online sangat membantu para mahasiswa dalam memahami materi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:34
Last Modified: 12 Jun 2023 08:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52477

Actions (login required)

View Item
View Item