Rosnelli Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Workshop Untuk Meningkatkan Kompetensi Pengukuran Listrik. Prosiding Konvensi Nasional APTEKINDO VII.
C.1.3.1. Implementasi Model Pmbelajaran-Rosnelli-pdf.pdf - Published Version
Download (946kB) | Preview
C.1.3.1. Turnitin-Proceeding FPTK-APTEKINDO-2016 (2).pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran berbasis workshop yang sesuai untuk diimplementasikan pada pembelajaran kompetensi Pengukuran listrik di prodi Pendidikan Teknik Elektro FT Unimed;. Penelitian ini menggunakan metode penelitian “Research and Development atau R & D Cycle. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan studi dokumentasi untuk analisis kebutuhan pembelajaran dan merancang model. Wawancara, angket dan lembar observasi kelas untuk melihat keberhasilan proses pembelajaran.Tes hasil belajar mahasiswa untuk melihat efektifitas prototipe model pembelajaran berbasis workshop yang dikembangkan. Data hasil implementasi model pembelajaran dengan target minimal 80 % mahasiswa mencapai skor minimal batas kelulusan ≥ 70 dapat dicapai. Hasil yang dicapai setelah implementasi model pembelajaran adalah terdapat 31,1% mahasiswa cukup kompenten, 31,1% mahasiswa dikatagorikan sangat kompenten, 34,1% mahasiswa dikatagorikan kompenten dan 30,1% mahasiswa dikatagorikan cukup kompenten dan masih terdapat 5,7% mahasiswa yang tidak kompenten. Rata-rata skor mahasiswa setelah selesai pembelajaran adalah 81,34.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pengembangan model pembelajaran; kompetensi pengukuran listrik; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 04:45 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 12:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52435 |