Fridiarti, Lelly and Adikahriani and Rosnelli and Chalid, Surniati and Mahrani (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Boga Dasar SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. pp. 3558-3565. ISSN 2614-3097
B.7.5. Pengaruh model Pembelajaran-Rosnelli.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
B.7.5 Turnitin-Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Boga Dasar SMK Negeri 3 Tebing Tinggi.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Boga Dasar (2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Boga dasar, (3) Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Boga dasar. Teknik pengambilan sampel secara Total Sampling dengan jumlah 60 orang. Kelas X¹ berjumlah 30 orang dan kelas X² yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat, uji linieritas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunanaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Boga Dasar termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 60 persen dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Boga dasar termassuk kategori cenderung cukup sebesar 83 persen. Hasil uji normalitas dari kedua kelas adalah berdistribusi normal dengan nilai kelas eksperimen (Xhitung = 4,80 < Xtabel = 11,07), kelas kontrol (Xhitung = 3,86 < Xtabel = 11,07). Berdasarkan hasil uji hipotesis (Uji t) terdapat pengaruh yang signifikan pada Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Boga dasar dengan nilai tHitung > tTabel (6,87>1,661) pada taraf signifikan 5%. Artinya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Boga Dasar.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Pen |
Keywords: | Model Pembelajaran; Contextual Teaching And Learning (CTL); Hasil Belajar Boga Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 03:30 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 12:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52427 |