PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI DASAR–DASAR ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS XI SMK N 1 PAHAE JULU TP 2014 / 2015

Manalu,, Hikmah Zalilah and Rosnelli (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI DASAR–DASAR ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS XI SMK N 1 PAHAE JULU TP 2014 / 2015. Generasi Kampus, 9 (1). pp. 88-98. ISSN 1978-869X

[thumbnail of B.7.1. Penerapan Model Pembelajaran-Rosnelli.pdf]
Preview
Text
B.7.1. Penerapan Model Pembelajaran-Rosnelli.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of B.7.1. Turnitin-PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI DASAR–DASAR ELEKTRONIKA PADA SISWA KE.pdf]
Preview
Text
B.7.1. Turnitin-PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI DASAR–DASAR ELEKTRONIKA PADA SISWA KE.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran memahami dasar – dasar elektronika dengan pokok bahasan komponen elektronika
pasif melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL SMK Negeri 1 Pahae Julu sebanyak 28 orang.Dari
analisis data setelah diberikan tindakan I (siklus I) diperoleh 19 dari 28 orang siswa (67,86 %) mencapai ketuntasan belajar dan 9 dari 28 orang siswa (32,14%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 71,96. Pada siklus ini ketuntasan belajar secara klasikal belum
tercapai. Dari analisis data setelah diberikan tindakan II (siklus II) diperoleh 24 dari 28 orang siswa 85,71%)mencapai ketuntasan belajar dan 4 dari 28 orang siswa (14,29%) belum
mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 79,46. Pada siklus ini ketuntasan belajar secara klasikal sudah tercapai. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran memahami dasar–dasar elektronika dengan pokok bahasan komponen elektronika pasif di kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 1 Pahae Julu. Maka disarankan untuk menerapkan model kooperatif tipe numbered head together sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar memahami dasar – dasar elektronika

Item Type: Article
Keywords: Numbered Head Together; Dasar-Dasar Elektronika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:09
Last Modified: 22 Jun 2023 12:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52424

Actions (login required)

View Item
View Item