PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA

Susanti, Vina and Sitompul, Harun and Tambunan, Hamonangan (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11 (01). pp. 73-85. ISSN 1979-6692

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hasil belajar keterampilan membaca bahasa Arab siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung, (2) untuk mengetahui hasil belajar keterampilan membaca bahasa Arab siswa yang memiliki motivasi intrinsik tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi intrinsik rendah, (3) untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar keterampilan membaca bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan bahwa; (1) hasil belajar keterampilan membaca bahasa Arab siswa yang diajar dengan model pembelajaran mind mapping lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung dengan = 6,08 > = 3,97, (2) hasil belajar keterampilan membaca bahasa Arab siswa yang memiliki motivasi intrinsik tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki motivasi intrinsik rendah dengan = 60,34 > = 3,97, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar keterampilan membaca bahasa Arab, dengan = 28,92 > = 3,97.

Item Type: Article
Additional Information: 492.784 Sus p
Keywords: Motivasi intrinsik; Membaca; Bahasa Arab; Model pembelajaran; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
P Language and Literature > PJ Semitic > PJ6001 Arabic > PJ6073 Language
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Jun 2023 09:00
Last Modified: 05 Jun 2023 09:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52415

Actions (login required)

View Item
View Item