PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

Sinulingga, Etsas Brema and Sitompul, Harun and Menanti, Asih (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK). Jurnal TIK dalam Pendidikan, 06 (01). pp. 1-11. ISSN 2355-4983; 2407-7488

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi terhadap hasil belajar TIK siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bilah Hulu, yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 163 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Data penelitian dikumpul dengan menggunakan tes untuk hasil belajar TIK dan angket Motivasi Berprestasi. Analisis data dilakukan dengan anava dua jalur pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: (1) hasil belajar TIK kelompok siswa yang diberi pembelajaran dengan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelompok siswa yang diberi pembelajaran dengan Strategi Pembelajaran Think Pair Share dengan nilai Fhitung 7,30 > FTabel 3,96; (2) hasil belajar TIK kelompok siswa yang memiliki Motivasi Berprestasi Tinggi lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelompok siswa yang memiliki Motivasi Berprestasi Rendah dengan nilai Fhitung = 16,79 > FTabel = 3,96; (3) terdapat interaksi antara Strategi Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar TIK dengan nilai FHitung kolom – baris (interaksi) lebih besar dari FTabel (FHitung = 12,64 > FTabel = 3,96) pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Article
Additional Information: 371.33 Sin p
Keywords: Problem based learning; Motivasi berprestasi; Hasil belajar; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Jun 2023 07:33
Last Modified: 05 Jun 2023 07:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52407

Actions (login required)

View Item
View Item