Pengembangan Model Pembelajaran Hybrid Learning dengan Pendekatan Problem Based Learning pada Matakuliah Pengantar Sosiologi

Andayani, Trisni and Sitompul, Harun and Situmorang, Julaga (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Hybrid Learning dengan Pendekatan Problem Based Learning pada Matakuliah Pengantar Sosiologi. JUPIIS : Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 12 (02). pp. 506-516. ISSN 2407-7429

Full text not available from this repository.

Abstract

Telah dilakukan pengembangan model pembelajaran hybrid learning dengan pendekatan problem based learning (PBL) pada matakuliah Pengantar Sosiologi. Model pembelajaran hybrid Learning dengan pendekatan PBL matakuliah Pengantar adalah pembelajaran yang secara khusus dipergunakan pada perkuliahan tatap muka dan online di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Tujuan dari pengembangan model pembelajaran ini adalah agar dapat memberikan pedoman bagi dosen pengampu matakuliah Pengantar Sosiologi maupun mahasiswa dalam merencanakan, mengelola, mengembangkan serta mengevaluasi kegiatan pembelajaran.Dengan diintegrasikannya model hybird learning dan PBL dalam pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman materi ajar dan capaian hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini telah berhasil merancang buku model, rencana pelaksanaan pembelajara, bahan ajar cetak dan bahan aajar non cetak yang telah divalidasi ahli. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa model pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan capaian hasil belajar.

Item Type: Article
Additional Information: 301.071 1 And p
Keywords: Hybrid learning; Problem based learning; Model pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Jun 2023 07:19
Last Modified: 05 Jun 2023 07:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52404

Actions (login required)

View Item
View Item