PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MERAKIT PERSONAL KOMPUTER PADA SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK SWASTA TRI KARYA

Ginting, Abdiel and Sitompul, Harun and Panjaitan, Keysar (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MERAKIT PERSONAL KOMPUTER PADA SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK SWASTA TRI KARYA. Jurnal TIK dalam Pendidikan, 08 (01). pp. 1-16. ISSN 2355-4983; 2407-7488

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk menghasilkan media video pembelajaran perakitan personal komputer yang berkualitas dan layak dijadikan acuan bagi siswa, mudah dipelajari, dipahami dan dapat digunakan secara individual, Untuk mengetahui keefektifan penggunaan media video pembelajaran pada mata pelajaran Produktif Teknik Komputer dan Jaringan pada materi perakitan komputer. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg and Gall yang dipadu dengan model desain pembelajaran dari Dick and Carey. Hasil penelitian menunjukkan: uji ahli materi berada pada kualifikasi sangat baik (92,27%), uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (93,53%), uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (92,67 %), uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (89,58%), uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (91,11%), dan uji coba pada lapangan terbatas berada pada kualifikasi sangat baik (97,28%). Produk akhir dari pengembangan video ini dilanjutkan dengan uji keefektifan produk. Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 70 peserta didik yang terdiri dari 35 peserta didik sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan video, dan 35 peserta didik lainnya sebagai kelas kontrol yang diajarakan tanpa menggunakan media video. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan video dengan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan tanpa menggunakan video. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 8,77 > ttabel = 1,99, dengan dk = (n1 + n2 – 2) pada taraf signifikansi a 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan video sebesar 83,66% lebih tinggi dari pada peserta didik yang dibelajarkan tanpa menggunakan video sebesar 69,46%.

Item Type: Article
Additional Information: 371.335 2 Gin p
Keywords: Video pembelajaran; Merakit komputer; Media pembelajaran; Teknik komputer dan jaringan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Jun 2023 07:12
Last Modified: 05 Jun 2023 07:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52403

Actions (login required)

View Item
View Item