Rambe, Tappil and Ponirin and Saragih, Syahrul Nizar (2022) PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN PEMECAHAN KASUS (CASE METHOD) DAN PEMBELAJARAN KELOMPOK BERBASIS PROYEK (TEAM BASED PROJECT) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MENGGUNAKAN LMS BERBASIS WEB. Technical Report. LPPM Universitas Negeri Medan, Medan.
Report.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya pembelajaran blended learning yang relevan
dengan perkembangan tekonologi dibidang Pendidikan dan keterabatasan fitur dan aplikasi yang
menunjang kegiatan PBM pada platform Pendidikan ditingkat SMA. Aplikasi atau media
pembelajaran LMS diarahkan berbasis case method dan project base yang akan lebih berbentuk
student centered, hal ini sesuai dengan Kepmendikbud No.3/M/2021 tentang IKU PT yaitu IKU
No.7. Diharapkan produk tersebut dapat meningkatkan interaksi pembelajaran antara peserta
didik dengan guru, menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas, mempermudah
penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran, serta peserta didik dapat mengakses
pembelajaran dimana saja dan kapan saja tanpa dibatasi ruang dan waktu sehingga turut
meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah/kasus secara berkelompok
dengan berbasis projek. Penelitian ini menggunakan Metode Research and Development (R&D)
yang dikembangkan oleh Borg and Gall (2003). Pengumpulan data dilakukan menggunakan
angket, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian diuji dengan
menggunakan validitas isi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan
kualitatif. Literatur dikembangkan mengacu pada tahap pengembangan yang dikelompokkan
dalam beberapa tahap yaitu studi pendahuluan atau pengumpulan data, pengembangan dan
penyempurnaan produk, uji lapangan, serta diseminasi dan sosialisasi produk. Literatur yang
dikembangkan secara kuantitatif dan kualitatif diharapkan layak diterapkan dalam pembelajaran
Sejarah Indonesia di SMA. Sistem e-learning secara umum menggambarkan proses besar yang
terjadi pada situs. Situs pembelajaran e-learning mempunyai empat proses besar dan dua proses
yang merupakan proses otentikasi pengguna, yaitu proses yang terjadi pada Login area
merupakan komponen pada e-learning yang memungkinkan siswa mengakses fasilitas e-learning
mata pelajaran sejarah. Komponen ini berguna untuk mengetahui user yang sementara online
atau sedang mengakses e-learning Komponen ini memungkinkan guru menambah jenis aktivitas
tertentu sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Komponen ini memungkinkan guru menambah
jenis sumber belajar tertentu sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Dua aktor, pengguna dan
administrator akan melakukan akses masuk terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam situs jika
mereka sudah terdaftar. Jika kedua aktor tersebut belum terdaftar maka aktor akan diarahkan
pada menu registrasi. Ketika aktor sudah masuk ke dalam situs barulah aktor dapat menggunakan
empat fungsi lainnya yang terdapat pada situs, yaitu pustaka, media pembelajaran, multimedia
interaktif, dan komunikasi sinkron dan asinkron antar pengguna. Sistem e-learning secara umum
menggambarkan proses besar yang terjadi pada situs. Situs pembelajaran e-learning mempunyai
empat proses besar dan dua proses yang merupakan proses otentifikasi pengguna, yaitu proses
yang terjadi pada registrasi pengguna dan akses masuk pengguna serta empat proses lainnya
merupakan proses dari fungsi yang terdapat pada situs (Muhtadi, 2013). Dua aktor, pengguna
dan administrator akan melakukan akses masuk terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam situs
jika mereka sudah terdaftar. Jika kedua aktor tersebut belum terdaftar maka aktor akan diarahkan
pada menu registrasi. Ketika aktor sudah masuk ke dalam situs barulah aktor dapat menggunakan
empat fungsi lainnya yang terdapat pada situs, yaitu pustaka, media pembelajaran, multimedia
interaktif, dan komunikasi sinkron dan asinkron antar pengguna. LMS Moodle yang telah
dikembangkan selanjutnya divalidasi oleh validator ahli media dan validator ahli materi.
Item Type: | Monograph (Technical Report) |
---|---|
Keywords: | metode pembelajaran pemecahan kasus; pembelajaran kelompok, sejarah |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 31 May 2023 08:11 |
Last Modified: | 31 May 2023 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52378 |