Ramadhani, Rini (2022) Pengembangan Media Interaktif Sebagai Pendukung Metode Steinberg Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD Negeri Kuala Baru Laut Tahun Ajaran 2021/2022. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM.8206182006 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM.8206182006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
3. NIM.8206182006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM.8206182006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. NIM.8206182006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
6. NIM.8206182006 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM.8206182006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM.8206182006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM.8206182006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (642kB) | Preview
13. NIM.8206182006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
14. NIM.8206182006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
Abstract
Tesis ini membahas tentang pengembangan Media Interaktif dengan tujuan untuk menghasilkan produk permainan kosakata dan memperoleh data tentang implementasi media interaktif tersebut dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development yang mengacu pada model ADDIE. Proses pengembangan media interaktif dilakukan dengan lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini menghasilkan media Interaktif subtema benda hidup dan benda mati dilingkungan sekitar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan oleh ahli materi memperoleh rata-rata 4,4 dengan kategori sangat layak, penilaian kelayakan oleh ahli Bahasa memperoleh rata-rata 3,7 dengan kategori layak dan penilaian kelayakan Design oleh ahli desain memperoleh rata-rata 4,3 dengan kategori sangat layak. Uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 87,7% dengan kategori Sangat Baik dan uji coba lapangan terbatas dengan rata-rata 92% dengan kategori Sangat Baik. Skor persentase pada tes awal 57% dan tes akhir dengan skor persentase 92%. Hal ini membuktikan bahwa media interaktif yang disajikan pada subtema benda hidup dan benda mati dilingkungan sekitar layak, mudah dan efektif untuk digunakan pada siswa kelas 1. Penelitian ini berimplikasi dalam penggunaan media interaktif yang dirancang secara apik melalui metode Steinberg subtema benda hidup dan benda mati dilingkungan sekitar mampu meningkatkan keaktifan dan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.462 Ram p |
Keywords: | Media Interaktif; Metode Steinberg; Berpikir Kreatif; Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 May 2023 04:31 |
Last Modified: | 30 May 2023 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52352 |