Br. Sipahutar, Desta Ratu Meilysa (2023) Pengembangan Buku Suplemen Bionutrisi Pakan Berbasis Proyek untuk Membangun Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik. Masters thesis, UNIMED.
1. 8196173001 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. 8196173001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
3. 8196173001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4. 8196173001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
5. 8196173001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
6. 8196173001 TABLES.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
7. 8196173001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
8. 8196173001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
12. 8196173001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
13. 8196173001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui kelayakan buku suplemen bionutrisi pangan dan pakan berbasis proyek menurut tim ahli materi dan ahli desain (2) Untuk mengetahui kelayakan buku suplemen bionutrisi pangan dan pakan berbasis proyek layak digunakan bagi Mahasiswa S1 Jurusan Biologi FMIPA UNIMED (3)Untuk mengetahui keefektifan buku suplemen bionutrisi pangan dan pakan berbasis proyek membangun sikap ilmiah mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Program Strata Satu (S1) Universitas Negeri Medan pada bulan Maret-Agustus 202, dengan teknik analisis data deskriptif pengembangan buku ajar dilaksanakan dengan model pengembangan Thiagarajan Four-D (4-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefenisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Produk yang dihasilkan merupakan buku suplemen yang digunakan mahasiswa semester I Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan. Bahan ajar yang dinilai layak oleh tim ahli validasi. Hasil penilaian tim ahli materi menunjukkan dalam kategori sangat baik dengan rata-rata persentase 88.35(baik), ahli desain layout sebesar 91.5(sangat baik), ahli desain pembelajaran sebesar 73.07 (sangat baik), responden dosen sebesar 86.67% (sangat baik), responden mahasiswa biologi sebesar 90.5(sangat baik), uji t (thitung= 5.441 dan tTabel = 2.042) sehingga dapat disimpulkan bahwa produk penelitian pengembangan buku suplemen yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar mahasiswa atau sebagai penunjang pembelajaran pada matakuliah Biologi Umum.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.72 Sip p |
Keywords: | buku suplemen; bionutrisi, literasi sains; keterampilan proses sains; sikap ilmiah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 May 2023 03:57 |
Last Modified: | 30 May 2023 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52350 |