Bako, Nur Viasri (2022) Pengembangan Materi Teks Cerpen dalam E-Modul Berbantuan Sigil Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8186191002 COVER.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
2. NIM 8186191002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
3. NIM 8186191002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM 8186191002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM 8186191002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
6. NIM 8186191002 TABEL.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
7. NIM 8186191002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
8. NIM 8186191002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 8186191002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
10. NIM 8186191002 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM 8186191002 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (859kB)
12. NIM 8186191002 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM 8186191002 CHAPTER V.pdf
Download (261kB)
14. NIM 8186191002 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (356kB)
15. NIM 8186191002 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan materi teks cerpen dalam e-modul berbantuan sigil pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangan Brog and Gall. Subjek uji coba terdiri dari siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi 94,31% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian 92,71% pada kriteria sangat baik, dan kelayakan bahasa 88,88% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 97,91% pada kriteria sangat baik, (3) Uji coba kelompok perorangan 86,80% pada kriteria sangat baik, (4) Uji coba kelompok kecil 90,04% pada kriteria sangat baik, (5) Uji kelompok lapangan terbatas 92,12% pada kriteria sangat baik, (6) Keefektifan modul meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa berdasarkan pretest dan posttest menunjukkan selisih dari pretest ke posttest nilai yang diperoleh 28,59% dengan rata-rata pretest 58,75% dan rata-rata posttest 87,34%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa materi teks cerpen dalam e-modul berbantuan sigil yang dikembangkan telah layak dan efektif digunakan oleh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Medan pada pembelajaran teks cerpen. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi dengan menggunakan e-modul berbantuan sigil sebagai sumber belajar di sekolah dan bagi siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis teks cerpen.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 411 Bak p |
| Keywords: | teks cerpen; e-modul; sigil |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Indonesia - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 30 May 2023 02:55 |
| Last Modified: | 13 Aug 2025 02:58 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52342 |
