Pasaribu, Meri Renta Uli (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dengan Aplikasi Cisco Packet Tracer Pada Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan Kelas XI E SMK Negeri 1 Siatas Barita Kabupaten Tapanuli Utara. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8214021007 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 8214021007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
3. NIM. 8214021007 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4. NIM. 8214021007 ABSTRACTS.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM. 8214021007 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
6. NIM. 8214021007 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
7. NIM. 8214021007 LIST IF FIGURES.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
8. NIM. 8214021007 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
9. NIM. 8214021007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
13. NIM. 8214021007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
14. NIM. 8214021007 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengembangan model pembelajaran
MERIE berbasis proyek dengan menggunakan Aplikasi Cisco Packet Tracer
untuk pembelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan di kelas XI E SMK
Negeri 1 Siatas Barita 2) Tingkat kelayakan model pembelajaran MERIE berbasis
proyek (Motivation, Engagement, Reinforcement, Implementation, Evaluation)
terhadap peserta didik, ahli materi, ahli media dan praktisi pembelajaran
Administrasi Infrastruktur Jaringan SMK 3) Tingkat keefektifan hasil belajar pada
mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan dengan menggunakan aplikasi
Cisco Packet Tracer. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
mengadaptasi model pengembangan ADDIE yaitu model pengembangan yang
terdiri dari lima tahapan yang meliputi Analisis (Analysis), Desain (Design),
Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi
(Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran “MERIE”
dan Aplikasi Cisco Packet Tracer Pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur
Jaringan terbukti layak digunakan karena telah melalui uji validasi dari ahli
materi, desain pembelajaran, media, praktisi pembelajaran, uji coba perorangan,
uji coba kelompok kecil dan uji lapangan, dan hasilnya dinyatakan “Sangat Baik”.
Hasil belajar peserta didik di dalam penggunaan aplikasi Cisco Packet Tracer
pada proses pembelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan menggunakan
Model Pembelajaran “MERIE” menunjukkan adanya perbedaan signifikan
dibandingkan hasil belajar model pembelajaran Discovery Learning dimana dari
hasil uji beda diperoleh t hitung (5,51) > t tabel (2,048). Dari hasil uji keefektifan,
model pembelajaran “MERIE” dan aplikasi aplikasi Cisco Packet Tracer memiliki
tingkat keefektifan yang lebih tinggi dari model pembelajaran Discovery
Learning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.425 Pas p |
Keywords: | model pembelajaran MERIE berbasis proyek; aplikasi cisco packet tracer; tingkat kelayakan model pembelajaran MERIE (motivasi; keterlibatan; penguatan; implementasi; evaluasi) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 May 2023 02:26 |
Last Modified: | 30 May 2023 02:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52338 |