Pengembangan ModelPembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dengan Aplikasi Cisco Packet Tracer Pada Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan Kelas XI E SMK Negeri 1 Siatas Barita Kabupaten Tapanuli Utara

Pasaribu, Meri Renta Uli (2023) Pengembangan ModelPembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dengan Aplikasi Cisco Packet Tracer Pada Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan Kelas XI E SMK Negeri 1 Siatas Barita Kabupaten Tapanuli Utara. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8214021007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8214021007 COVER.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8214021007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8214021007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8214021007 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8214021007 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8214021007 ABSTRACTS.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8214021007 ABSTRACTS.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8214021007 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8214021007 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8214021007 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8214021007 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8214021007 LIST IF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8214021007 LIST IF FIGURES.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8214021007 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8214021007 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8214021007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8214021007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 8214021007 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 8214021007 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM. 8214021007 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 8214021007 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. NIM. 8214021007 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 8214021007 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 13. NIM. 8214021007 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 8214021007 CHAPTER V.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 14. NIM. 8214021007 REFERENCES.pdf] Text
14. NIM. 8214021007 REFERENCES.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 15. NIM. 8214021007 APPENDIX.pdf] Text
15. NIM. 8214021007 APPENDIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengembangan model pembelajaran MERIE berbasis proyek dengan menggunakan Aplikasi Cisco Packet Tracer untuk pembelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan di kelas XI E SMK Negeri 1 Siatas Barita 2) Tingkat kelayakan model pembelajaran MERIE berbasis proyek (Motivation, Engagement, Reinforcement, Implementation, Evaluation) terhadap peserta didik, ahli materi, ahli media dan praktisi pembelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan SMK 3) Tingkat keefektifan hasil belajar pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan dengan menggunakan aplikasi Cisco Packet Tracer. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE yaitu model pengembangan yang terdiri dari lima tahapan yang meliputi Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran “MERIE” dan Aplikasi Cisco Packet Tracer Pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan terbukti layak digunakan karena telah melalui uji validasi dari ahli materi, desain pembelajaran, media, praktisi pembelajaran, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji lapangan, dan hasilnya dinyatakan “Sangat Baik”. Hasil belajar peserta didik di dalam penggunaan aplikasi Cisco Packet Tracer pada proses pembelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan menggunakan Model Pembelajaran “MERIE” menunjukkan adanya perbedaan signifikan dibandingkan hasil belajar model pembelajaran Discovery Learning dimana dari hasil uji beda diperoleh t hitung (5,51) > t tabel (2,048). Dari hasil uji keefektifan, model pembelajaran “MERIE” dan aplikasi aplikasi Cisco Packet Tracer memiliki tingkat keefektifan yang lebih tinggi dari model pembelajaran Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.425 Pas p
Keywords: model pembelajaran MERIE berbasis proyek; aplikasi cisco packet tracer; tingkat kelayakan model pembelajaran MERIE (motivasi; keterlibatan; penguatan; implementasi; evaluasi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 May 2023 02:26
Last Modified: 03 Sep 2025 02:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52338

Actions (login required)

View Item
View Item