Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Projek untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Kefi, Yohanes and Mudjisusatyo, Yuniarto and Pane, Isli Iriani Indiah and Pangaribuan, Wanapri (2022) Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Projek untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (6). pp. 11612-11618. ISSN e-ISSN : 2685-936x; p-ISSN : 2685-9351

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview

Abstract

Kepala Sekolah sebagai manajer memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Salah satu Indeks kualitas Pendidikan di sekolah ditentukan dari implementasi pembelajaran berbasis proyek. Pembelajaran berbasis proyek adalah model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik untuk melakukan suatu investigasi yang mendalam terhadap suatu projek. Peserta didik secara konstruktif melakukan pendalaman pembelajaran dengan pendekatan berbasis riset terhadap permasalahan dan pertanyaan yang berbobot, nyata dan relevan. Dalam kurikulum merdeka, aksentuasi pembelajaran berpusat pada anak (merdeka belajar), maka pembelajaran berbasis projek menjadi suatu jawaban solutif sehingga peserta didik mampu mengembangkan diri sesuai kemampuan dan realitas yang dihidupinya. Untuk mendukung terselenggaranya program tersebut, maka kepala sekolah harus memiliki kemampuan manajerial yang mumpuni. Hal ini dapat berjalan dengan baik, jika kepala sekolah sebagai manajer utama di sekolah mampu mengimplementasikan pembelajaran berbasis projek tersebut. Tujuan penelitian ini adalah: 1). Menganalisa kemampuan manajerial Kepala Sekolah dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Projek untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Deli Murni Bandar Baru. 2). Mendeskripsikan projek pembelajaran yang relevan, holistik, kontekstual, eksploratif untuk penguatan profil pelajar Pancasila yang digunakan di SMA Deli Murni Bandar Baru. 3) Mendeskripsikan interkoneksi antar disiplin ilmu dalam menerapkan pembelajaran berbasis projek. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif- kualitatif. Dalam penelitian ini, akan ditemukan relevansi pembelajaran berbasis projek untuk penguatan profil pelajar Pancasila dan kemampuan manajerial kepala sekolah.

Item Type: Article
Keywords: Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah; Pembelajaran Berbasis Projek; Profil Pelajar Pancasila
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 May 2023 03:32
Last Modified: 26 May 2023 03:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52322

Actions (login required)

View Item
View Item