Mutiara, Erli and Ingtyas, Fatma Tresno and Hilda, Nuwairy and Siahaan, Riana Friska and Tobing, Marnala and Siregar, Bani Sirkam (2018) Penggunaan Informasi Teknologi dan Dukungan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2 (3). pp. 2076-2084. ISSN 2614-6754 (print); 2614-3097(online)
Article.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Intensitas Penggunaan Informasi Teknologi; (2)
Dukungan Orang Tua; (3) Prestasi Belajar; (4) Hubungan Intensitas Penggunaan Informasi teknologi
dengan Pretsasi Belajar; (5) Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Prestasi Belajar; (6) Hubungan
Intensitas Penggunaan Informasi Teknologi dan Dukungan Orang Tua dengan Prestasi Belajar. Desain
penelitian adalah deskriptif korelasional. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Beringin dengan jumlah
sampel 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif data, uji kecenderungan, uji
persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji lineritas, uji hipotesis dengan uji korelasi product
moment, uji parsial dan uji korelasi ganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat
kecenderungan Intensitas Penggunaan Informasi teknologi, Dukungan Orang Tua cenderung cukup,
masing-masing sebesar 75 persen, 56 persen dan Prestasi Belajar sebesar 50 persen. Hasil Analisis
Uji Normalitas dengan dk = 5 pada variabel Intensitas Penggunaan Informasi teknologi yaitu X2
hitung <
X2
tabel (6,78 < 11,070), variabel Dukungan Orang Tua yaitu X2
hitung < X2
tabel (3,69 < 11,070) dan variabel
Prestasi Belajar yaitu X2
hitung < X2
tabel (5,96 < 11,070) pada taraf signifikan 5 persen ketiga variabel
berdistribusi Normal. Hasil analisis korelasi product moment terdapat hubungan yang signifikan antara
Intensitas Penggunaan Informasi teknologi dengan Prestasi Belajar dengan nilai rhitung > rtabel (0,964 >
0,349) pada taraf signifikan 5 persen. Hasil analisis korelasi product moment terdapat hubungan yang
signifikan antara Dukungan Orang Tua dengan Prestasi Belajar dengan nilai (rhitung = 0,977 > rtabel 0,349)
pada taraf signifikan 5 persen. Hasil analisis korelasi ganda dengan nilai Fhitung >Ftabel(3,71 > 3,33), pada
taraf signifikan 5 persen, terdapat hubungan yang signifikan antara Intensitas Penggunaan Informasi
teknologi dan Dukungan Orang Tua dengan Prestasi Belajar, artinya semakin tinggi Intensitas
Penggunaan Informasi teknologi dan semakin tinggi Dukungan Orang Tua maka semakin tinggi
Prestasi Belajar Siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Informasi; Tekniologi; Prestasi; Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 26 May 2023 01:14 |
Last Modified: | 26 May 2023 01:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52304 |