Napitupulu, Trinatasita and Mutiara, Erli (2022) Hubungan Penggunaan Sumber Belajar Youtube dan Kesiapan Belajar dengan Hasil Belajar Tata Hidang SMK Negeri 8 Medan. Garnish (Jurnal Pendidikan Tata Boga), 6 (1). pp. 11-19. ISSN 2621-105X
Article.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Penggunaan Sumber Belajar Youtube; (2) Kesiapan
belajar siswa; (3) Hasil belajar siswa pada peIajaran Tata Hidang; (4) Hubungan Penggunaan Sumber Belajar
Youtube dengan hasil belajar siswa pada peIajaran Tata Hidang; (5) Hubungan Kesiapan Belajar siswa dengan
hasil belajar siswa pada peIajaran Tata Hidang; (6) Hubungan Penggunaan Sumber Belajar Youtube dan
Kesiapan belajar siswa dengan hasil belajar Tata Hidang. Penelitian diIaksanakan di SMKN 8 Medan, popuIasi
dalam penelitian ini seIuruh siswa keIas XI Jasa Boga 4. Teknik penentuan sampeI menggunakan teknik
purposive sampIing sehingga jumIah sampeI sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpuIan data menggunakan angket
meIaIui GoogIe FormuIir untuk penggunaan sumber belajar youtube dan kesiapan belajar sedangkan untuk hasil
belajar tata hidang diperoleh dari dokumentasi guru. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, tingkat
kecenderungan, dan uji persyaratan analisis, uji normalitas, uji Iinearitas, dan uji hipotesis dengan uji korelasi
product moment, uji parsial dan korelasi ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan
Penggunaan Sumber Belajar Youtube dan Kesiapan Belajar termasuk kategori cenderung tinggi dengan nilai
masing-masing sebesar 55,88 persen dan 52,94 persen, dan Hasil Belajar Tata Hidang termasuk kategori
cenderung cukup sebesar 73,5 persen. Hasil analisis korelasi parsial menunjukkan terdapat hubungan yang positif
dan signifikan antara Penggunaan Sumber Belajar Youtube dengan Hasil Belajar Tata Hidang diperoleh nilai
korelasi parsial
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Sumber Belajar Youtube; Kesiapan belajar; Hasil belajar Tata Hidang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 May 2023 21:39 |
Last Modified: | 25 May 2023 21:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52297 |