Hubungan Interaksi Sosial Dengan Hasil Belajar Tata Hidang SMK Pariwisata Imelda Medan

Siregar, Dian Erni and Mutiara, Erli (2021) Hubungan Interaksi Sosial Dengan Hasil Belajar Tata Hidang SMK Pariwisata Imelda Medan. Garnish (Jurnal Pendidikan Tata Boga), 5 (1). pp. 40-45. ISSN 2621-105X

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Interaksi Sosial Siswa, (2) Hasil Belajar Tata Hidang, (3)
Hubungan Interaksi Sosial dengan Hasil Belajar Tata Hidang. Desain penelitian yang digunakan adalah
deskriptif korelasional. Lokasi penelitian di di SMK Pariwisata Imelda Medan. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI Jasa Boga SMK Pariwisata Imelda Medan dengan teknik pengambilan sampel
Total Sampling, sehingga jumlah sampel sebanyak 32 orang. Waktu penelitian bulan Juli – September 2019.
Teknik pengumpulan data untuk menjaring data Interaksi Sosial dengan angket dan tes untuk menjaring data
Hasil Belajar Tata Hidang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu secara deskriptif korelasionsl, uji
kecendrungan, uji persyaratan analisis, dengan uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis dengan uji korelasi
product moment. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan variabel Interaksi
Sosial termasuk kategori cenderung cukup dan tingkat kecenderungan variabel Hasil Belajar Tata Hidang
termasuk kategori cenderung cukup masing-masing sebesar 100% dan 75%. Hasil analisis korelasi product
moment terdapat hubungan yang signifikan antara Interaksi Sosial dengan hasil belajar Tata Hidang SMK
Pariwisata Imelda Medan, dengan nilai rhitung = 0,38 dan harga rhitung > rtabel (0,38 > 0,349) artinya semakin tinggi
interaksi sosial siswa maka semakin tinggi hasil belajar Tata Hidang.

Item Type: Article
Keywords: Interaksi Sosial; Hasil Belajar; Tata Hidang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 May 2023 21:35
Last Modified: 25 May 2023 21:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52296

Actions (login required)

View Item
View Item