PENGARUH PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATRIKS DAN SIKAP ILMIAH MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN

Sinaga, Enny Keristiana and Siregar, Syafiatun and Lubis, Asri (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATRIKS DAN SIKAP ILMIAH MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN. Jurnal Educational Building, 03 (02). pp. 17-26. ISSN 2477-4898

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matriks dan sikap ilmiah antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung dan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini penelitian eksperimen semu dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design dengan mengambil populasi penelitian mahasiswa Program Studi Pendidikan teknik Bangunan semester 1 Universitas Negeri Medan tahun ajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan cara total sampling. Data pemahaman konsep diukur dengan menggunakan tes pemahaman konsep matriks dan sikap ilmiah dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Manova. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan sebagai berikut: 1) terdapat perbedaan pemahaman konsep matriks antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung dan mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, 2) terdapat perbedaan sikap antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung dan mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, 3) terdapat perbedaan pemahaman konsep matriks dan sikap ilmiah antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung dan mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Additional Information: 378.17 Sin p
Keywords: Matriks; Pemahaman konsep; Pembelajaran langsung; Sikap ilmiah; Model pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309 Consciousness. Cognition
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 May 2023 03:36
Last Modified: 25 May 2023 03:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52271

Actions (login required)

View Item
View Item