LAPORAN AKHIR BIDANG PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MODEL PENERAPAN KUALIFIKASI KURIKULUM NASIONAL INDONESIA (KKNI) SEBAGAI PENGUATAN MUTU PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA BOGA

Mutiara, Erli and Adikahriani and Rahmi, Ana (2016) LAPORAN AKHIR BIDANG PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MODEL PENERAPAN KUALIFIKASI KURIKULUM NASIONAL INDONESIA (KKNI) SEBAGAI PENGUATAN MUTU PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA BOGA. Project Report. LPPM, Medan.

[thumbnail of Report.pdf]
Preview
Text
Report.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Seni (IPTEKS) terasa semakin
pesat, juga persaingan ketersedian lapangan kerja semakin ketat pula. Oleh karena itu,
di era persaingan global ini, menuntut perlunya dilakukan kembali kajian atau review
kurikulum di Indonesia, tentunya termasuk kurikulum program studi Pendidikan Tata
Boga yang berada di bawah koordinasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan.
Sejalan dengan hal tersebut di atas, Universitas Negeri Medan (Unimed) telah
melakukan workshop kurikulum berkenan dengan adanya rencana memberlakukan
Kualifikasi Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI) pada program studi yang ada di
Unimed, termasuk Program Studi Pendidikan Tata Boga. Penekanan dengan ini setiap
lulusan harus memiliki standar kompetensi lulusan yang dapat dimanfaatkan dan relevan
dengan lapangan kerja yang tersedia, yakni selain memiliki kompetensi utama, juga
memiliki kompetensi pendukung dan pelengkap, sehingga lulusan tersebut memiliki
daya saing yang tinggi dan luas dalam menghadapi dunia kerja baik secara nasional
maupun internasional. Dengan demikian sebagai output penelitian mengacu pada
tingkat relevansi rumusan SK dan KD dalam kurikulum Program Studi Pendidikan
Tata Boga dengan lapangan kerja yang tersedia; Kajian pelaksanaan standar-standar
pendidikan sebagai langkah mewujudkan penerapan KKNI dalam kurikulum prodi
Pendidikan Tata Boga, menjaring informasi lapangan pekerjaan yang kemungkinan
relevan dengan program studi Pendidikan Tata Boga sebagai bagian dari pengembangan
kurikulum berbasis KKNI. Rancangan model penerapan KKNI dalam kurikululum pada
prodi Pendidikan Tata Boga; serta mensosialisasikannya kepada Civitas Academika;
Mendeskripsikan implementasi menejemen mutu dengan program studi berbasis
akreditasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: KKNI; mutu program; pendidikan tata boga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
T Technology > TX Home economics
T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 May 2023 01:25
Last Modified: 25 May 2023 01:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52266

Actions (login required)

View Item
View Item