Nadeak, Adi Andreas Saputra (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Wondershare Filmora Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 5 Kelas V Sd Negeri 106810 Sampali T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1 NIM. 1182111002 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM . 1182111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
3. NIM . 1182111002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 1182111002 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
5. NIM 1182111002 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
13. NIM 1182111002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
6. NIM 1182111002 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
14. NIM 1182111002 BIBLIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
7. NIM 1182111002 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM 1182111002 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9. NIM . 1182111002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan Media pembelajaran Video Wondershare Filmora Pada Pembelajaran Tema 5 Ekosistem Sub Tema 1 Komponen Ekosistem Kelas V SD Negeri 106810 Sampali T.A 2021/2022”. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation) yang dikembangkan Robert Maribe Branch. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dan tes. Kelayakan produk ditentukan pada hasil penilaian ahli materi dan ahli media. Kepraktisan produk ditentukan pada hasil penilaian pendidik. Kefektifan produk diukur dari hasil belajar siswa melalui instrumen tes pretest dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan media dan materi. Penilaian ahli materi memberikan skor 90 dengan persentasi 90% masuk kategori “sangat layak” dan penilaian ahli media memberikan skor 96 dengan persentasi 96% masuk dalam kategori “sangat layak”. Sedangkan tingkat kepraktisan media video pembelajaran wondershare fillmora ditentukan oleh tenaga pendidik kelas V SD Negeri 106810 Sampali. Penilaian oleh pendidik memberikan skor 97 dengan persentasi 97% masuk kategori “sangat layak”. Tingkat kefektifan media video pembelajaran menggunakan wondershare filmora ditentukan oleh hasil pretest dan posttest. Hasil belajar siswa sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) menggunakan media video pembelajaran wondershare filmora mengalami peningkatan dari 54,76 menjadi 89,51. Hasil uji N-Gain score 0,79 dengan persentasi 79,96% dengan kriteria efektif yang berarti media video pembelajaran menggunakan wondershare filmora dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran menggunakan wondershare filmora layak digunakan menjadi media pembelajaran tematik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II SD Negeri 106810 Sampali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media;Wondershare Filmora; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 04:09 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52241 |