Auldina, Alifya (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual erbantuan Aplikasi Powtoon Pada Tema 6 Subtema 1 di Kelas V SD Negeri 101752 Klambir Lima. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111019 COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
2. NIM. 1181111019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
3. NIM. 1181111019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4. NIM. 1181111019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
5. NIM. 1181111019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
6. NIM. 1181111019 TABLES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7. NIM. 1181111019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
8. NIM. 1181111019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
9. NIM. 1181111019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 1181111019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
14. NIM. 1181111019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah guru hanya menggunakan buku cetak sebagai sumber dan media belajar serta guru belum pernah menggunakan media berbasis IT yang dikembangkan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan efektifitas media pembelajaran berbasis audio visual berbantuan aplikasi Powtoon pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 di kelas V SD Negeri 101752 Klambir Lima. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahap analisis (Analysis), desainesign),pengembangan(Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi(Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa /i kelas V SD Negeri101752 Klambir Lima. Hasil penelitian pengembangan Media PembelajaranBerbasis Audio Visual Berbantuan Aplikasi Powtoon pada tema 6 subtema 1pembelajaran 1, menunjukkan hasil validasi materi oleh validator ahli materi
memperoleh rata-rata nilai 4,6 kategori “Sangat Baik” dengan hasil persentase93% kategori “Sangat Layak” dan hasil validasi media oleh validator ahli mediamemperoleh nilar rata-rata 4,7 kategori “Sangat Baik” dengan hasil persentase95% kategori “Sangat Layak”. Uji praktikalitas oleh praktisi pendidikanmemperoleh hasil persentase 97% kategori “Sangat Praktis” dan hasil responpeserta didik memperoleh hasil persentase 98% kategori “Sangat Praktis”.Berdasarkan hasil uji keefektifan Media dapat diketahui bahwa setelahmenggunakan Media yang dikembangkan, nilai rata-rata siswa meningkat dariawal rata-rata sebelum menggunakan Media yaitu 61,6 kategori “Cukup” dengankriteria ketuntasan “Tidak Tuntas” meningkat menjadi 84,8 kategori “SangatBaik” dengan kriteria ketuntasan “Tuntas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual; Powtoon; tema 6 subtema 1 pembelajaran 1; kelas V Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 02:15 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52232 |