Siahaan, Anggi Rosalina (2022) Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Flip Builder Pada Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV SD Negeri 064973. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111129_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1183111129_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM. 1183111129_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
4. NIM. 1183111129_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
5. NIM. 1183111129_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. NIM. 1183111129_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 1183111129_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1183111129_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
9. NIM. 1183111129_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
10. NIM. 1183111129_BAB I.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
14. NIM. 1183111129_BAB V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
15. NIM. 1183111129_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik belum mencapai KKM, penggunaan LKPD berbasis teknologi belum maksimal serta kurangnya fokus peserta didik saat pembelajaran dikarenakan pembelajaran tergolong
monoton karena menggunakan buku tematik terpadu sebagai sumber belajar utama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan efektifita LKPD menggunakan flip builder. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reseach and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan penelitian yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 064973. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu instrumen wawancara guru, angket validasi materi dan media, angket praktisi pendidikan (guru), dan soal tes. Hasil penelitian pengembang LKPD
menggunakan flip builder pada tema 7 subtema 2 pembelajaran 3, menunjukkan hasil validasi oleh validator ahli materi mendapatkan skor 81,25 dengan presentase 81,25% kategori “Sangat Layak” dan hasil validasi media oleh
validator ahli media memperoleh skor 97 dengan presentase 97% kategori “Sangat Layak”. Uji praktikalitas oleh praktisi pendidikan memperoleh skor 94 dengan presentase 94% kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan uji keefektifan LKPD
menggunakan flip builder yang dikembangkan, nilai siswa meningkat dari awal sebelum menggunakan LKPD berbasis flip builder siswa mendapat nilai rata-rata 46,56 meningkat menjadi 87,68. Dari penlitian dan data yang ditemukan
menunjukkan bahwa pengembangan elektronik lembar kerja peserta didik menggunakan flip builder ini sudah sangat layak digunakan saat pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); Flip Builder; Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 3 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 01:25 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 01:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52222 |