BR Ginting, Ani (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SDN 104203 Bandar Khalipah T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111119_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1183111119_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
3. NIM. 1183111119_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4. NIM. 1183111119_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
5. NIM. 1183111119_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
6. NIM. 1183111119_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM. 1183111119_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1183111119_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 1183111119_BAB I.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
13. NIM. 1183111119_BAB V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
14. NIM. 1183111119_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SDN 104203 Bandar Khalipah T.A 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pre Eksperimen. Populasi
penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 89 orang. Sampel penelitian yaitu kelas IV A yang berjumlah sebanyak 30 orang yang diambil dengan menggunakan purposive sampling. Instrument dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran serta uji daya beda tes. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji normalitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t dengan menggunakan uji Paired Sample t Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together)
berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar tematik pada tema 4 subtema 1 pembelajaran ke-1 siswa kelas IV. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata nilai pretest adalah 52,17 sedangkan untuk data posttest diperoleh rata-rata 79,83. Hasil perhitungan hipotesis yang diperoleh dari uji Paired Sample t Test yaitu 0,000, dapat dikatakan bahwa 0,000 < sig. 0,05 atau diperoleh nilai thitung > ttabel
yaitu 16,882 > 2,045 pada taraf signifikan 5% dan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together); Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 01:25 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 01:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52219 |