Nasution, Ismail Saleh (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI DI SD MUHAMMADIYAH 12 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1 - COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
3 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9 - BAB I.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
13 - BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
14 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui perbedaan pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share, strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok menghitung luas dan volume di kelas VI SD Muhammadiyah 12 Medan; dan (2) untuk mengetahui perbedaan pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share, strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok menghitung luas dan volume di kelas VI SD Muhammadiyah 12 Medan. Subjek dalam penelitian ini diambil sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak teknik random sampling. Metode penelitian menggunakan penelitian quasi-eksperimen dengan rancangan kelompok pretest-posttestt experiment group design. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan yang dibelajarkan dengan strategi konvensional; dan (2) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share secara signifikan lebih tinggi dibandingkan hasil belajar yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan yang dibelajarkan dengan strategi konvensional. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar Matematika materi pokok menghitung luas dan volume di kelas VI SD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Nas p |
Keywords: | Hakikat belajar; Belajar matematika; Berpikir kritis; Pembelajaran kooperatif; Strategi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 May 2016 04:30 |
Last Modified: | 13 May 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5220 |