Harahap, Anisa Hilmi (2022) Pengembangan Bahan Ajar Modul Elektronik Berbasis Problem Based Learning Pada Tema 9 Kayanya Negeriku Di Kelas IV SDN 101774 Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111043_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1181111043_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM. 1181111043_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4. NIM. 1181111043_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
5. NIM. 1181111043_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 1181111043_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 1181111043_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1181111043_DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1181111043_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
10. NIM. 1181111043_BAB I.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
14. NIM. 1181111043_BAB V.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
15. NIM. 1181111043_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kelayakan, praktikalitas, dan keefektifan bahan ajar modul elektronik berbasis problem based learning pada tema 9 kayanya negeriku kelas IV SDN 101774 Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan T.A 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) engetahui Kelayakan Bahan Ajar Modul Elektronik Berbasis Problem Based Learning Pada Tema 9 Kayannya Negeriku Kelas IV SDN 101774 Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan T.A 2021/2022, (2) Mengetahui Praktikalitas Bahan Ajar Modul
Elektronik Berbasis Problem Based Learning Pada Tema 9 Kayannya Negeriku Kelas IV SDN 101774 Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan T.A 2021/2022, (3) Mengetahui Keefektifan Bahan Ajar Modul Elektronik Berbasis Problem Based Learning Pada Tema 9 Kayannya Negeriku Kelas IV SDN 101774 Sampali
Kecamatan Percut Sei Tuan T.A 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar modul elektronik berbasis problem based learning pada tema 9 kayannya negeriku kelas IV SDN 101774 Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan T.A 2021/2022 bahwa: (1) Kelayakan media oleh validasi ahli materi memperoleh persentase awal 68% menjadi 94,6% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli desain memperoleh persentase awal 73,3 menjadi 93,3 dengan kategori “Sangat Layak”. (2) Kepraktisan media
oleh praktisi pendidikan (guru) memperoleh persentase 90,6 dengan kategori “Sangat Praktis”. (3) Uji keefektifan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata hasil pre- test diperoleh sebesar 52,5 sedangkan
rata-rata hasil post-test diperoleh sebesar 84,5 terjadi peningkatan sebesar 32. Berdasarkan penjelasan di atas maka disimpulkan bahwa bahan ajar modul elektronik berbasis problem based learning sangat layak, sangat praktis dan
efektif digunakan untuk pembelajaran kelas IV SDN 101774 Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan T.A 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bahan Ajar, Modul Elektronik; Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 01:15 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 01:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52185 |