Surani, Arpi (2022) Pengaruh Media Pembelajaran Kosifacay Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas IV SD Negeri 104209 Saentis T.A.2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111016_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1181111016_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
3. NIM. 1181111016_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 1181111016_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
5. NIM. 1181111016_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. NIM. 1181111016_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM. 1181111016_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 1181111016_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 1181111016_BAB I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
13. NIM. 1181111016_BAB V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
14. NIM. 1181111016_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kosifacay terhadap hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya kelas IV SD Negeri 104209 Saentis T.A.2021/2022. Jenis penelitian pada
penelitian ini adalah Eksperiment dengan menggunakan One-Group-Pretest- Postest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 104209 Saentis yang berjumlah 26 orang siswa. Sampel penelitian yang digunakan
adalah secara sampling jenuh (semua populasi digunakan sebagai sampel). Sampel yang digunakan berjumlah 26 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Hasil penelitian dan kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) Dari hasil belajar yang diperoleh ditemukan bahwa media pembelajaran Kosifacay diperoleh thitung = 5,017 Dari daftar ditribusi t dengan db
n-1 (26-1) = 25 diperoleh harga ttabel = 0,719. 2) bahwa 26 orang tidak tuntas sesuai nilai KKM pada saat pre test diberikan, tetapi pada saat post test diberikan, seluruh siswa tuntas dengan hasil sudah melewati minimum KKM dan
pembelajaran ini dikatakan efektif menggunakan media pembelajaran kosifacay. Sehingga diperoleh thitung > ttabel dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang menyatakan “Terdapat pengaruh media pembelajaran kosifacay terhadap hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya kelas IV SD Negeri 104209 Saentis T.A.2021/2022.”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Kosifacay; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 04:05 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52183 |