Afrizal (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VI SD NEGERI 1 PEUREULAK DAN SD NEGERI 3 PEUREULAK KECAMATAN PEUREULAK KABUPATEN ACEH TIMUR. Masters thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2 Lembar Persetujuan dan pengesahan.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
6. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
9. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
13. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan penanaman karakter Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VI SD Negeri 1 Peureulak Dan SD Negeri 3 Peureulak Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur ,penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek Penelitian ini adalah guru-guru kelas VI khususnya pada 2 sekolah dasar di dalam wilayah kerja UPTD Kecamatan Peureulak Aceh Timur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik FGD (Focuss Group Discusioni), observasi, Wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian diperoleh (1) Implementasi penanaman karakter dalam proses pembelajaran IPS pada materi Globalisasi di kelas VI SD Negeri 1 Peureulak dan SD Negeri 3 Peureulak Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur adalah dengan memuatkan nilai-nilai karakter di dalamnya.karakter seperti: Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta tanah air, Peduli lingkungan, Peduli social. Proses pembelajaran yang berarti bahwa penanaman karakter secara terpadu diberikan dalam pembelajaran dikelas; (2) Penerapan budaya sekolah dalam kegiatan atau kehidupan keseharian nilai karakter yang termasuk nilai-nilai budaya yang dikembangkan di sekolah dalam pelaksanaan kegiatan baik itu kegiatan akademik maupun kegiatan non akademik sekolah selalu mengembangkan nilai karakter yang diterapkan adalah Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta tanah air, Peduli lingkungan, Peduli social; (3) kegiatan ekstrakurikuler Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta tanah air, Peduli lingkungan, Peduli social; (4) faktor penghambat, dalam pembuatan rencana (RPP) guru mengalami kesulitan (kurang paham), karena tidak ada panduan secara konkrit bagaimana cara membuat RPP yang berkarakter, RPP berkarakter sangat sulit dan perlu pemahaman yang lebih mendalam dikarenakan setiap materi berbeda karakter yang akan diterapkan, tidak ada pelatihan yang khusus mengenai bagaimana membuat RPP berkarakter; (5) solusi yang dilakukan Perlu adanya pelatihan, guna pengembangan guru dalam melaksanakan pembelajaran karakter Perlu dibuat karakter yang serempak dalam satu gugus, sehingga perencanaan pembelajaran lebih terarah karena sudah ditetapkan karakter apa yang akan dikembangkan pada pembelajaran, peran pemerintah sangat dibutuhkan dalam melengkapi sarana dan prasarana untuk menunjang implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar, Perlu adanya bimbingan dan peran kepala sekolah untuk memberikan masukan-masukan dan pengawasan terhadap guru dalam melaksanakan pendidikan karakter di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Afr i |
Keywords: | Pendidikan karakter; Pembelajaran IPS; Dunia pendidikan; Era globalisasi; Nilai karakter |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 May 2016 19:25 |
Last Modified: | 12 May 2016 19:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5218 |