Eliza (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Dalam bentuk aplikasi microsoft team Pada Pembelajaran Sistem Informasi Dan Komunikasi Digital. Masters thesis, UNIMED.
1. 8186122016 COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
2. 8186122016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. 8186122016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
4. 8186122016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
5. 8186122016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
6. 8186122016 TABLES.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
7. 8186122016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
8. 8186122016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
9. 8186122016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. 8186122016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
14. 8186122016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Kelayakan Media Pembelajaran Dalam bentuk aplikasi microsoft team Pada Pembelajaran Sistem Informasi Dan Komunikasi Digital Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Idi.dan (2) mengetahui keefektifan Media Pembelajaran Dalam bentuk aplikasi microsoft team Pada Pembelajaran Sistem Informasi Dan Komunikasi Digital Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Idi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian penelitian R & D dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang sering dikenal sebagai penelitian R & D, model ini dipilih karena sistematis dan sesuai untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Adapun subjek dari penelitian ini terdiri dari satu orang ahli materi, satu orang ahli media pembelajaran, satu orang ahli desain pembelajaran, dan siswa kelas X SMK Negeri 1 Idi T.A 2021/2022 yang berjumlah 60 orang. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran, skala respon siswa terhadap media pembelajaran dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) uji ahli materi pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (88%), (2) uji ahli media pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (92,94%), (3) uji ahli desain pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik ( 97,35%). Hasil Pengajuan Hipotesis membuktikan bahwa (1) E-Modul Pembelajaran Dasar Teknologi Menjahit Berbasis Discovery Learning Media Pembelajaran Dalam bentuk aplikasi microsoft team Pada Pembelajaran Sistem Informasi Dan Komunikasi Digital Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Idi layak digunakan (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media dengan hasil belajar siswa yang menggunakan buku teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data pada hasil posttest diproleh harga t hitung = 10,691, Pada taraf signifikan (α = 0,05) dengan dk 58 diperoleh ttabel = 1,167 sehingga thitung > ttabel untuk hasil praktik diperoleh harga harga t hitung = 11,023, Pada taraf signifikan (α = 0,05) dengan dk 58 diperoleh ttabel = 1,167 sehingga thitung > ttabel. Efektivitas rata-rata hasil belajar pada penggunaan Media Pembelajaran Dalam bentuk aplikasi microsoft team 85 %, Sedangkan Kelompok siswa yang menggunakan buku teks sebesar 68%. Dari data ini membuktikan bahwa penggunaan Media Pembelajaran Dalam bentuk aplikasi microsoft team lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan kompetensi siswa pada pembelajaran sistem informasi dan Komunikasi Digital daripada tanpa menggunakan media e
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.335 2 Eli p |
Keywords: | Pengembangan media pembelajaran; Sistem Informasi Digital |
Subjects: | L Education > LA History of education > LA173 Higher education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 16 May 2023 04:20 |
Last Modified: | 16 May 2023 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52151 |