Dewi, Chindy Sentia (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 1 Kelas V SD Negeri 015930 Alang Bonbon T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111079_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1183111079_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
3. NIM. 1183111079_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4. NIM. 1183111079_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
5. NIM. 1183111079_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 1183111079_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 1183111079_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1183111079_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 1183111079_BAB I.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
13. NIM. 1183111079_BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 1183111079_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi serta hasil belajar siswa yang masih rendah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Kooperatif Index Card Match
terhadap hasil belajar siswa pada Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan Pembelajaran 3 Kelas V SD Negeri 015930 Alang Bonbon T.A 2022/2023”. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Desain penelitian ini
menggunakan desain nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri 015930 Alang Bonbon yang berjumlah 40 orang terdiri dari dua kelas yaitu kelas V-A dengan jumlah 18 siswa
dan kelas V-B dengan jumlah 22 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V-A berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B berjumlah 22 siswa sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data ini menggunakan
observasi, wawancara, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikat ke arah positif dari penggunaan model Pembelajaran kooperatif tipe index card match terhadap hasil belajar siswa pada
tema 1 Organ Gerak hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan yang dapat dilihat dari hasil hasil postetst kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat juga dilihat dari perolehan hasil uji hipotetis penelitian dengan uji t dengan
ketentuan nilai posttest, thitung > ttabel maka dengan ini hasil yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,09 > 2,02 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe index card match terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 015930 Alang Bonbon T.A 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Kooperatif Index Card Match |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 03:29 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52137 |