Latifahhanum, Dhea (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Animaker Pada Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 1 Cara Tubuh Mengelola Udara Bersih Kelas V SDN 101776 Sampali Kecamatan Percut Sei.Tuan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111035_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1181111035_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
3. NIM. 1181111035_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4. NIM. 1181111035_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
5. NIM. 1181111035_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM. 1181111035_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 1181111035_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 1181111035_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1181111035_BAB I.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
13. NIM. 1181111035_BAB V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
14. NIM. 1181111035_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui kelayakan Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Animaker , (2) Untuk mengetahui kepraktisan Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis
Animaker, (3) Untuk mengetahui keefektifan Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Animaker Pada Tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan Subtema 1 Cara Tubuh Mengelola Udara Bersih Siswa Kelas V SDN 101776 Sampali. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu tahap analysis, design,development, implementation dan evaluation. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101776 Sampali pada bulan Mei hingga Juli 2022. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 101776 Sampali yang berjumlah 26 peserta didik yaitu 18 Laki-laki dan 8 Perempuan. Objek dalam penelitian ini
adalah pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis Animaker. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, lembar angket/ kuesioner dan dokumentasi. Instrumen penelitian
yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar validasi praktisi pendidikan dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil
penelitian yang diperoleh menunjukkan: 1) Uji Kelayakan mendapatkan kriteria “Sangat Layak” dengan rincian validator ahli materi diperoleh skor 97% dan validator ahli media diperoleh skor 85% dengan kriteria “Sangat Layak”. 2) Uji
kepraktisan oleh guru mendapat skor 96,33% dengan kriteria “Sangat Praktis” dan angket respon peserta didik sebesar 87,76% dengan kategori “Sangat Praktis. 3) Uji keefektifan didapatkan dari hasil belajar siswa yaitu berupa nilai Evaluasi dengan rata-rata nilai sebesar 80. Berdasarkan hasil temuan tersebut disarankan bagi pendidik untuk dapat mengembangkan video animasi berbasis Animaker demi menciptakan pembelajaran yang bermutu serta efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; ADDIE; Video Animasi; Animaker |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 03:27 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52127 |