Tarihoran, Diana L.Rada (2022) Analisis Keterampilan Bertanya Guru Dalam Pembelajaran Tematik Tema 9 Benda-Benda Disekitar Kita di Kelas Va Sd Negeri 101777 Saentis T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111004_COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 1181111004_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
3. NIM. 1181111004_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM. 1181111004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
5. NIM. 1181111004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 1181111004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1181111004_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1181111004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1181111004_BAB I.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
13. NIM. 1181111004_BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 1181111004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan bertanya guru dalam pembelajaran tematik tema 9 benda-benda di sekitar kita di SD Negeri 101777 Saentis. Subjek penelitian ini ialah Guru kelas VA SD Negeri 101777 Saentis.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data dari Miles dan Huberman yang terdiri
dari langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan Guru dalam menerapkan keterampilan bertanya pada pembelajaran tematik di kelas VA SD Negeri 101777 Saentis. Secara keseluruhan
guru sudah menguasai keterampilan bertanya dengan cukup baik, namun terdapat beberapa indikator pada keterampilan bertanya lanjut yang kurang guru kuasai seperti pengubahan tuntunan kognitif pertanyaan dari yang rendah ke pertanyaan
yang tinggi dalam pemberian pertanyaan. Siswa sering menyampaikan pendapat atau jawaban dari pertanyaan guru terhitung 88%, namun untuk siswa yang bertanya kepada guru masih tergolong sedikit terhitung 12%. Saran bagi guru
adalah guru harus memahami sepenuhnya komponen-komponen dalam keterampilan bertanya, dan juga guru harus meningkatkan interaksi dengan siswa dikelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Guru;Keterampilan Bertanya;Pembelajaran Tematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 03:27 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52123 |