Rianto, Didi (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS X SMA NEGERI I BABALAN P. BERANDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4113111020 _COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 4113111020 _APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
3. NIM. 4113111020_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 4113111020_PREFACE.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
5. NIM. 4113111020_TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. NIM. 4113111020_ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 4113111020_TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 4113111020_GRAPHICS.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 4113111020_APPENDIX.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
10. NIM. 4113111020_CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
14. NIM. 4113111020_CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
15. NIM. 4113111020_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing di kelas X SMA Negeri 1 Babalan, P. Berandan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Babalan, P. Berandan tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 32 orang. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika siswa pada materi logaritma di kelas X SMA Negeri 1 Babalan, P. Berandan tahun ajaran 2015/2016.
Pengambilan data dilakukan dengan observasi kemandirian belajar, tes diagnostik, tes hasil belajar pada akhir siklus, lembar observasi untuk tiap kali pertemuan. Kemandirian dan hasil belajar siswa mengalamai peningkatan. Hal ini dilihat dari peningkatan rata-rata nilai kemandirian siswa dari siklus I dan siklus II, yakni dari 1,23 dengan tingkat kemandirian cukup baik di siklus I menjadi 2,79 dengan tingkat kemandirian baik. Peningkatan hasil belajar siswa juga dapat dilihat pada rata-rata nilai tes hasil belajar siswa dari tes diagnostik, siklus I, dan siklus II, yakni dari 53,91 (53,91%) dengan tingkat kemampuan sangat rendah di tes awal menjadi 61,16 (61,16 %) dengan tingkat kemampuan rendah di siklus I dan menjadi 80,47 (80,47%) dengan tingkat kemampuan tinggi di siklus II.
Kelebihan penerapan model pembelajaran ini adalah dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep melalui kegiatan berdiskusi dan siswa menjadi berani dalam mengeluarkan pendapat serta tampil di depan kelas menuliskan hasil pekerjaannya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penemuan terbimbing dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika siswa pada materi logaritma di kelas X SMA Negeri 1 Babalan, P. Berandan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 017 |
Keywords: | Kemandirian Belajar; Hasil Belajar; Penemuan Terbimbing; PTK. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 May 2016 18:07 |
Last Modified: | 12 May 2016 18:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5212 |